Mau Borong Kripto tapi Bingung? Simak Dulu Panduannya

Investment - Chandra Dwi Pranata, CNBC Indonesia
25 May 2021 10:35
Gambar Konten, Cryptocurrency Ambrol

Jakarta, CNBC Indonesia - Apakah semua orang di sekitar Anda membicarakan tentang cryptocurrency? Bisa sangat menegangkan untuk menjadi bagian dari percakapan seperti itu tanpa ada yang bisa dikontribusikan.

Saat ini, dunia investasi sedang ramai dengan topik mata uang digital alias kripto, di mana setiap berita, setiap platform media sosial, dan setiap blog membahas kripto adalah aset investasi terbaik (kata mereka) untuk dibeli.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui tentang instrumen yang sedang menggemparkan dunia, berikut ini semua yang perlu Anda ketahui tentang pasar kripto (cryptocurrency) menurut Analitics Insight.


Apa itu cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah mode pembayaran digital yang terdesentralisasi. Layanan terdesentralisasi tidak memerlukan otoritas terpusat yang memberi mereka kemampuan untuk tahan terhadap sensor, anti retas, dan tentunya rasa aman.

Tidak hanya satu, tetapi banyak sekali jenis dan nama cryptocurrency di pasar. Cryptocurrency bekerja menggunakan teknologi yang dikenal sebagai blockchain yang menyimpan catatan transaksi. Secara sederhana, cryptocurrency adalah koin digital.

Berapa banyak cryptocurrency di pasar?

Jumlah cryptocurrency terbilang banyak, ada sekitar 6.700 dan tentunya terus bertambah (koin kripto baru terus diluncurkan). Banyak perusahaan telah mengeluarkan cryptocurrency versi mereka sendiri seperti contohnya Facebook Diem.

Setiap kripto yang diperdagangkan di pasar dimulai dari pengumpulan uang melalui penawaran koin awal atau ICO (Initial Coin Offering) alias IPO-nya koin digital.

Nilai total keseluruhan cryptocurrency saat ini sebesar US$ 1,82 triliun. Dari sekian banyak, Bitcoin adalah cryptocurrency tertinggi berdasarkan kapitalisasi pasarnya, yakni mencapai US$ 762,70 miliar, sehingga Bitcoin mendapat julukan 'Mother of Cryptocurrency'.

Apa yang membuat cryptocurrency begitu populer?

Penggemar kripto percaya bahwa cryptocurrency, termasuk Bitcoin adalah mata uang masa depan. Dengan menggunakan cryptocurrency, kita dapat menghilangkan kebutuhan bank sentral untuk mengelola suplai uang karena bank cenderung mengurangi nilai uang melalui inflasi.

Cryptocurrency dibangun di atas teknologi blockchain, yang digadang-gadang menjadik bentuk pembayaran paling aman dari semua opsi saat ini.

Apakah cryptocurrency pilihan investasi yang aman?

Pasar kripto terbilang sangat tidak stabil. Sementara sebagian populasi melihat cryptocurrency sebagai bentuk uang futuristik, bagian lain hanya melihatnya dari sudut pandang investasi, harga naik, Anda menjual, Anda mendapat untung, dan sebaliknya.

Bitcoin dimulai dengan nilai yang setara dengan 'kacang', tetapi sekarang harganya meroket. Pikirkan tentang orang-orang yang berinvestasi dalam Bitcoin ketika mereka pertama kali diluncurkan, mereka menghasilkan keuntungan jutaan.

Sama seperti pasar saham, investasi kripto juga memiliki risiko yang besar. Seiring berjalannya waktu, sebagian besar cryptocurrency mengalami peningkatan nilai, dengan posisi terendah yang sering disebabkan oleh aksi hedging yang besar dan peraturan pemerintah. Tetapi jika Anda memiliki dana untuk mengambil risiko, itu adalah taruhan yang bijak.

Apakah cryptocurrency legal?

Bisa iya, bisa juga tidak. Jawabannya tergantung dari mana Anda berasal. Jika Anda berasal dari China, maka menurut peraturan terbaru dari pemerintah setempat, cryptocurrency dianggap ilegal.

Faktanya, berita ini menciptakan dampak yang cukup besar dan menyebabkan seluruh pasar kripto ambruk. Jika Anda berasal dari Amerika Serikat (AS), cryptocurrency masih tergolong legal dan banyak perusahaan menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoin.

Sementara di India, cryptocurrency masih bersifat abu-abu, karena belum adanya regulasi yang konklusif. Walaupun begitu, Anda tetap dapat membeli, menahan, dan menjual cryptocurrency, alih-alih menukarnya dengan barang dan jasa. Kasus yang sama terjadi di seluruh dunia.

Bagaimana cara membelinya?

Untuk berinvestasi di cryptocurrency, Anda perlu tahu tentang dompet kripto dan pertukaran kripto. Dompet kripto adalah aplikasi online yang akan menyimpan aset digital Anda atau dapat disebut dompet digital.

Untuk membeli koin digital, Anda perlu membuat akun di platform trading kripto pilihan Anda. Setelah Anda memiliki akun, Anda harus memilih kripto pilihan Anda dan membelinya dengan melakukan pemesanan di platform.

Saat ini, pasar kripto sedang dalam fase pemulihan setelah kejatuhan pasar baru-baru ini. Jika Anda sudah siap berinvestasi, sekarang saatnya memanfaatkan harga yang murah.


[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading