Mau Beli Saham Small Cap? Perhatikan Ini Dulu

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 May 2021 21:00
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Investasi saham sedang naik daun. Namun untuk mendapatkan keuntungan maksimal, investasi di pasar saham pun harus memiliki bekal tersendiri.

Head Of Investment Information Mirae Sekuritas, Roger M.M mengatakan money management merupakan kunci untuk memperoleh keuntungan di kondisi saat ini. Para investor ritel terutama yang baru masuk ke pasar saham pun tampaknya lebih menyukai saham-saham dengan harga terjangkau dan potensi imbal hasil tinggi.

Untuk itu, bagi investor yang ingin memilih saham small cap, sebaiknya menganalisa teknikalnya terlebih dahulu. Ini mengingat saham-saham small cap bisa saja mengalami koreksi sehingga perlahan harga saham tersebut dinilai terjangkau dan fluktuaktif.


"Kayak kemarin grup Lippo manggung semua ya, Multipolar, ini jelas sudah terkonfirmasi karena Gojek beli Hypermart 4-5%, wajar harganya terapresiasi cukup signifikan," kata Roger dalam program Investime CNBC Indonesia, Rabu malam (19/5/2021).

Roger pun mengingatkan investor untuk selalu mencermati kondisi fundamental dari setiap perusahaan. Laporan keuangan maupun keterbukaan informasi juga harus selalu dipantau untuk memprediksi prospek emiten ke depan.

"Ini beberapa sentimen ya bisa naikin harga small cap banyak ragamnya. Mulai dari aksi korporasi, laporan keuangan, sentimen-sentimen sesaat. Ini yang perlu diwaspadai".

"Kayak bank digital itu karena sentimen sesaat, jadi turun lagi. Sentimen saham farmasi juga pernah naik, tapi balik lagi ke bawah. Sentimen apa yang menggiring saham naik, itu yang perlu diperhatikan," paparnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

IHSG Loyo & Rupiah Naik Turun, Pas Gak Investasi Sekarang?


(dob/dob)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading