Kartu Kredit Bisa Menyesatkan, Begini Cara Bijak Pakainya

Investment - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
12 May 2021 18:00
kartu Kredit, Visa

Jakarta, CNBC Indonesia - Perencana Keuangan, Aliyah Natasya mengatakan, kartu kredit bisa menyesatkan banyak orang jika tidak digunakan dengan bijak. Ini salah satu penyebab keuangan banyak orang boncos.

Menurutnya, jangan pernah menggunakan kartu kredit tanpa perencanaan yang tepat disesuaikan dengan penghasilan yang didapatkan setiap bulannya.

"Penggunaan kartu kredit itu sebaiknya disesuaikan dengan budget kalian. Sesuaikan dengan kemampuan kalian membayar cicilan kartu kredit tersebut berapa," ujarnya dalam program Evening Up, CNBC Indonesia.


Ia menjelaskan, untuk penggunaan kartu kredit sebaiknya maksimal 20% dari penghasilan setiap bulannya. Jika lebih maka akan semakin sulit menabung untuk kebutuhan lainnya.

"Saran saya (menggunakan kartu kredit) tidak lebih dari 20% dari penghasilan," kata dia.

Terutama di masa lebaran ini. Ia menghimbau untuk jangan terlena menggunakan kartu kredit terlalu banyak. Sebab, setelah Lebaran akan sulit menggantinya karena ada kebutuhan lainnya.

Begitu pula dengan dana darurat yang sebaiknya jangan digunakan untuk memenuhi kebutuhan lebaran dan juga bahkan membayar utang kartu kredit. Jika terpaksa menggunakan dana darurat yang sudah disimpan selama ini, jumlahnya tidak lebih dari 20%.

"Karena kalau dana darurat ini digunakan untuk lebaran yang 1 tahun sekali, maka akan susah dikumpulkan kembali dan kalau kita terlanjur menggunakan terlalu banyak ini akan membuat diri kita jauh lebih konsumtif dan merasa aman-aman saja pakai dana darurat," tegasnya.

Oleh karenanya, ia pun memberikan tips untuk bisa mengelola keuangan dengan baik dan benar. Pertama, harus memiliki planning budgeting.

Kedua, dengan adanya planning budgeting, maka seseorang akan mengetahui alokasi uangnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Artinya, bisa mencicipi lifestyle yang sesuai dengan budget nya.

Ketiga, jika memiliki utang maka prioritaskan untuk membayar utang tersebut dibandingkan menambah utang baru. Keempat, agar keuangan lebih sehat dan berdaya tahan maka pastikan juga untuk memiliki asuransi serta dana darurat.

"Jadi harus ada mindset kita nggak hanya hidup untuk hari ini, tahun ini tapi juga sampai tahun berikutnya," paparnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading