InvesTime

Masih Ada Sisa THR, Beli Emas-Reksa Dana-Saham atau Kripto?

Investment - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
11 May 2021 09:10
Gambar Cover, Uang Kripto

Jakarta, CNBC Indonesia - Mendapatkan tunjangan hari raya (THR) merupakan hal yang menyenangkan, apalagi jika masih tersisa setelah memenuhi kewajiban serta kebutuhan Lebaran tahun ini. Sisa-sisa uang THR ini rupanya dapat digunakan untuk berinvestasi.

Perencana keuangan independen Ghita Argasasmita mengatakan orang harus memenuhi beberapa hal sebelum berinvestasi dengan uang sisa THR.

"Kalau teman-teman sudah memenuhi kebutuhan jangka pendek, sudah memenuhi dana darurat, kalau mau beli saham atau kripto ya boleh selama mengerti opportunity [kesempatan] dan risk [risiko]," katanya dalam program Investime CNBC Indonesia, Senin (10/5/2021).


Menurut Ghita, investasi dengan uang sisa THR harus dilihat dari keadaan finansial orang masing-masing, sebab tiap kondisi keuangan sudah pasti berbeda.

"Ini tergantung dari financial check up-nya masing-masing. Karena kondisi orang berbeda-beda. Tidak ada patokan [untuk berinvestasi pada instrumen apa], tergantung kondisi keuangan masing-masing," lanjutnya.

Jika orang yang bersangkutan belum memenuhi kebutuhan jangka pendek dan dana darurat, Ghita sangat menyarankan untuk menaruh sisa THR pada pos-pos tersebut.

"Kalau mau beli instrumen investasi apapun, lihat dulu dana daruratnya sudah terpenuhi atau belum. Kalau belum, lebih baik masukin ke dana darurat dulu," tambahnya.

"Intinya asalkan teman-teman yang ingin berinvestasi sudah tahu secara tepat instrumen investasi yang mau dibeli. Teman-teman mengerti risikonya, opportunity-nya, dan cara kerjanya, silakan [untuk investasi dengan uang sisa THR]," kata Founder and CEO Integrita Financial ini.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading