Cuap Cuap Cuan Berkah

Kinerja Bank Big 4 Diramal Kinclong, Begini Rekomendasinya

Investment - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
23 April 2021 14:18
BRI

Jakarta, CNBC Indonesia - Kinerja 4 bank besar di Indonesia yaitu BNI, BCA, BRI dan Bank Mandiri diramal membaik setelah tahun lalu sempat babak belur karena Covid-19.

"Sebenarnya kalau lihat result yang akan keluar big bank, secara performance akan bagus. Industri perbankan bisa dikategorikan oligopolis market. 4 bank besar ini secara market share kredit atau DPK mendominasi di atas 45%," kata Analis BRI Danareksa sekuritas, Eka Savitri kepada CNBC Indonesia dalam acara Cuap Cuap Cuan, Kamis (22/4/2021).

Tahun ini, lanjutnya, 4 bank besar ini akan mengalami titik balik dengan kondisi jauh lebih baik. Tahun lalu, kinerja yang kurang bagus tercermin dari kinerja yang tetap profit sayangnya pertumbuhannya negatif.


Bagi investor yang ingin mengoleksi saham-saham perbankan ini, ada beberapa poin yang harus diwaspadai. Pertama dari sisi loan growth atau pertumbuhan kredit. Selanjutnya Net Interest Margin atau margin bunga bersih.

"Pertama secara loan growth secara NIM itu mereka cukup solid. ROA perlu tau kualitas aset seperti apa, apakah turun atau naik. Selanjutnya NPL naik kurang baik kecuali kita lebih tau detail kenaikan apa. Kemudian valuasi, valuasi mahal tapi punya unit bisnis model cukup bisa justifikasi," tegasnya.

Selanjutnya jika melihat investor asing yang sudah terlihat memburu saham perbankan, dia mengatakan jika bank-bank kapitalisasi besar sudah mulai solid. Dia melihat, harga saham big cab sektor perbankan ini menurutnya sudah mulai dijual dengan harga murah.

"Secara valuasi saham perbankan murah dibanding all time high. Dari sisi margin pasti ada improvement dibanding tahun lalu," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Investasi Saham atau Properti, Apa yang Cocok Buat Milenials?


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading