BRI Cuap Cuap Cuan Berkah

Sudah Usia 40 Tahun, Terlambatkah untuk Investasi?

Investment - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 April 2021 13:05
Keunggulan Wanita Dalam Berinvestasi

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki dana investasi sebaiknya memang dari usia muda. Namun ada pula yang baru berpikir untuk memulainya di usia 30 bahkan 40 tahun.

Perencana Keuangan dari Financialku.com, Robi Christy menyarankan untuk langsung memulai. Percuma jika memiliki pengetahuan yang baik namun tidak langsung melakukan sesuatu.

"Dimulai, karena sebagus apapun sepengetahuan kamu jago tapi tidak dimulai di hal kecil, diaction aja. Sepuluh tahun lagi ya sama saja. Semakin dini kamu memulai semakin baik, tapi bukan berarti kalau enggak mulai enggak bener-bener," kata Robi dalam Cuap Cuap Cuan BRI CNBC Indonesia, Selasa (20/4/2021).


Menurutnya tidak perlu harus menunggu ada uang yang banyak. Tapi harus dimulai dan langsung berkomitmen.

Sayangnya, memang ada yang harus dikorbankan yakni kesenangan. Jika teman-teman lain sudah bisa traveling, memang dari kita harus ditunda dulu, ungkapnya.

Menurutnya menunda kesenangan ini akan jauh lebih penting daripada menyesal di kemudian hari.

"Ini jauh lebih penting dibanding menyesal di kemudian hari. Supaya nanti kamu di masa depan say thankyou untuk kamu hari ini kalau persiapkan sedini mungkin," ujar Robi.

Soal instrumen investasi, sebenarnya ada beberapa macam. Robi menyebutkan misalnya saham dan properti.

Dia menyarankan untuk bisa disesuaikan dengan pribadi masing-masing dengan juga menghitung potensi resiko dari instrumen tersebut.

Selain itu juga mengenali instrumen investasi yang cocok dan ditentukan untuk tujuan waktu pensiun. Termasuk mengenali manajemen resiko seperti apa."Kan enggak semua orang bisa menolerir wah ruginya bisa 20-30%. Jadi kenali dulu diri kamu," kata Robi.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading