BRI Cuap Cuap Cuan Berkah

Masih Kuliah Tapi Bisa Investasi, Ada Lho Caranya!

Investment - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 April 2021 11:50
Ingin mencoba investasi saham? Perhatikan hal berikut ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Persiapan dana pensiun memang harus sedini mungkin. Namun bagaimana kalau dimulai dari sejak masih kuliah?

Perencana Keuangan dari Financialku.com, Robi Christy mengatakan persiapn dari kuliah tidak jadi masalah. Misalnya untuk mempelajari investasi seperti apa, namun juga diingatkan prioritas yang harus dijalani lebih dulu.

"Sebenarnya boleh, enggak ada masalah kamu mau coba mau mempelajari investasi seperti apa. Jangan lupa tapi tetep prioritas kamu kan menyelesaikan kuliah itu, janngan sampai lupa," ujar Robi dalam Cuap Cuap Cuan BRI CNBC Indonesia, Rabu (21/4/2021).


Dia menyarankan investasi bagi yang masih kuliah sebaiknya pada diri sendiri dulu. Jangan sampai hanya ikut-ikutan saja. Investasi pada diri sendiri menurutnya tidak ada ruginya. Dengan pengetahuan yang bertambah maka level investasi akan bertahap naik.

Menurutnya dengan upgrade skill, pengetahuan dan jaringan bertambah maka toleransi resiko akan lebih besar lagi.

"Seiring kamu pengetahuan kamu naik, level investasi kamu juga mungkin bertahap. Tadinya mungkin cuman ngerti deposito, ikut kelas saham, ikut reksa dana mulai deh gue coba deh beli reksa dana yang pasar uang dulu. Atau mulai nanti oh gue udah punya waktu nya nih bisa nih belajar beli saham," jelasnya.

Dengan begitu, anak-anak muda ini akan berprogres dan tidak hanya ikut-ikutan saja. Jika itu yang dilakukan tidak ada bedanya dengan spekulan atau bahkan bermain judi.

Level belajar orang juga berbeda. Misalnya mempelajari sebelum temannya memasukan sebuah investasi atau ikut-ikutan yang berujung rugi dan akhirnya mau belajar.

"Atau kamu yang tipenya mau belajar dulu baru mau mulai invest," ujar Robi.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading