Cuap-cuap Cuan BRI

Geber Bisnis Digital, Begini Jurus BRI Insurance

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 April 2021 09:05
Asuransi bencana (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 membuat gejolak ekonomi semakin terpuruk. Dampak pandemi juga menyerang bisnis asuransi pada umumnya tak terkecuali asuransi yang disokong perusahaan BUMN.

Fankar Umran, CEO PT BRI Asuransi Indonesia atau BRI Insurance meyakini bahwa di tengah masa sulit seperti sekarang, transformasi bisnis dibutuhkan untuk merespons perubahan yang terjadi di masyarakat.

Adapun yang dilakukan perseroan adalah menyediakan transformasi digital marketing dengan menggunakan kanal distribusi digital.


BRI Insurance meluncurkan aplikasi BRINS Mobile yang dapat melayani kebutuhan nasabah untuk memilih sendiri produk asuransi sampai mengajukan klaim secara online.

"Kami bangun platform digital aplikasi BRINS mobile. Dengan aplikasi ini mereka bisa membeli asuransi apapun, otomotif, jiwa secara customize," ujar Fankar Umran, dalam program talkshow BRI Cuap Cuap Cuan Berkah "Tetap Tenang Ketika Bencana Datang, CNBC Indonesia TV, Kamis (15/4/2021).

Fankar menyatakan pihaknya terus melakukan pemetaan mengenai posisi BRI Insurance di pasar dan industri. Bahkan ia meyakini BRI Insurance akan menjadi yang terbaik di kelasnya paling tidak dalam jangka waktu tiga tahun ke depan.

Untuk target jangka menengah, perseroan melakukan segmentasi bisnis pada segmen mikro, ritel, korporasi, dan syariah.

BRI Insurance juga fokus dalam menciptakan ruang bisnis dengan induk usahanya, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau Bank BRI.

Berawal dari menyediakan perlindungan untuk nasabah Bank BRI, kini produk BRI Insurance sudah meluas hingga ke masyarakat umum.

Produknya cukup lengkap, seperti asuransi kesehatan, syariah, properti, kendaraan, kebakaran, kecelakaan diri, pengangkutan, kapal laut, satelit, sampai minyak dan gas.

"Masih banyak ekosistem digital pelaku asuransi digital. Kita masuk kesana. Kami terus bangun itu dengan cara pembelian yakni mereka bisa membeli asuransi mudah dan murah. Dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan," ungkap dia.

BRI Insurance adalah perusahaan asuransi umum yang berdiri sejak 17 April 1989 dan berkantor pusat di Jakarta. Pemegang saham utamanya yakni Bank BRI, dan sisanya dipegang Yayasan Kesejahteraan Pegawai BRI.

Beberapa produknya di antaranya asuransi kebakaran, asuransi kecelakaan diri, asuransi kendaraan bermotor, asuransi konstruksi, asuransi pengangkuta, hingga asuransi pesawat, migas, hingga BRINS Asri (jaminan menyeluruh bagi bangunan dan isi rumah termasuk perlindungan untuk penghuni dan tanggung jawab pihak ketiga yang dirugikan).


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading