IHSG Melesat 1%, Saham ANTM & TINS Diborong Investor

Investment - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
08 February 2021 09:47
Ilustrasi IHSG (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melesat 1% pada pembukaan perdangangan awal pekan ini. Investor melakukan aksi akumulasi beli setelah pemerintah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. 

Pada pukul 09.39 WIB, IHSG menguat 1% ke leve 6.212,99. Nilai transaksi tercatat mencapai Rp 3,77 triliun dari volume perdagangan 4,33 miliar saham. 

Investor asing tercatat membukukan net buy Rp 11,89 miliar di seluruh pasar. 


Saham-saham yang menjadi penggerak IHSG antara lain, saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang mengyat 4,14%, lalu saham PT Timah Tbk (TINS) yang melesat 3,78%. Kedua saham ini tercatat membukukan nilai transaksi paling besar pagi ini. 

Kedua saham ini menguat karena dorongan sentimen dari proposal NDA yang terkait investasi Tesla di Indonesia. Kabar ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan instruksi Mendagri (Inmendagri) 3/2021. Imendagri ini menjelaskan penerapan PPKM mikro yang akan diterapkan mulai 9 hingga 22 Februari 2021.

Presiden Jokowi memang sejak awal mendorong penerapan pembatasan sosial secara mikro karena lebih efektif. Apalagi PPKM yang sudah berlaku sebelumnya dianggap tak efektif.

Hal itu disampaikan oleh Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri, Safrizal dalam Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 yang disiarkan di YouTube BNPB, Minggu (7/2/2021). Inmendagri itu diterbitkan pada Sabtu (6/2) malam.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading