Akhir Tahun, Pilih Investasi Emas, Saham, Atau Reksa Dana?

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
17 December 2020 14:42
IHSG ditutup akhir Bulan 6.188,99 poin pada Kamis (29/3/2018). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun 2020 sebentar lagi berakhir, di tahun yang belum pernah terjadi sepanjang sejarah modern akibat pandemi penyakit virus corona (Covid-19) pasar keuangan global mengalami jungkir balik. Di awal tahun ini nyaris semua aset rontok akibat Covid-19, hanya dolar Amerika Serikat (AS) yang melesat naik, hingga muncul istilah "cash is the king". Tapi bukan sembarang cash, hanya dolar AS.

Saham yang merupakan aset berisiko ambrol, lawannya emas yang merupakan aset aman (safe haven) juga merosot. Tetapi setelah pemerintah dan bank sentral di dunia bertindak dengan menggelontorkan stimulus fiskal dan moneter membuat arah angin berbalik.


Saham-saham mulai bangkit, dan emas meroket hingga mencetak rekor tertinggi sepanjang masa pada awal Agustus lalu. 2 pekan sebelum tahun 2020 berakhir, emas bisa dikatakan lebih unggul dibandingkan saham, ataupun dengan aset investasi lainnya seperti reksa dana.

Berdasarkan data Refintiv, harga emas dunia sepanjang tahun ini atau secara year-to-date (YtD) menguat sekitar 23%. Sementara itu emas batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. atau yang dikenal dengan emas Antam melesat lebih dari 35%.

Dibandingkan dengan pasar saham, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih mencatat pelemahan sekitar 2,5% YtD. Kemudian, kinerja reksa dana juga tidak berbeda jauh. Berdasarkan data dari Bareksa, Indeks Reksa Dana Saham masih mencatat kinerja negatif 7,34% dalam satu tahun terakhir, tetapi Indeks Reksa Dana Pendapatan Tetap mencatat kenaikan 7,16%. Tetapi tetap saja kalah jauh ketimbang emas yang naik 2 digit.

Namun, jika melihat 3 bulan ke belakangan, yang terjadi justru kebalikannya. Harga emas dunia mengalami penurunan sekitar 4%, sementara emas Antam merosot lebih dari 6%. Sebaliknya IHSG justru meroket lebih dari 20%, begitu juga dengan Indeks Reksa Dana Saham, Reksa Dana Campuran, bahkan Reksa Dana Pendapatan Tetap masih mencatat kenaikan 3,25%.

idrFoto: Kinerja Reksa Dana
Sumber: Bareksa

Lantas, jelang berakhirnya tahun 2020 investasi apa yang sebaiknya dipilih?

Vaksin Virus Corona jadi Game Changer
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading