Halo Bapak-Ibu, Harga Emas Antam Naik Lagi Hampir Rp 1 Juta!

Investment - chd, CNBC Indonesia
31 October 2020 11:35
Emas Antam (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. naik pada perdagangan Sabtu (31/10/2020), semakin mendekati Rp 1 juta per batang untuk satuan 1 gram.

Harga emas dunia yang kembali menguat turut mendorong harga logam mulia di dalam negeri.

Melansir data dari situs resmi milik PT Antam, logammulia.com, emas satuan 1 gram hari ini dibanderol Rp 996.000/batang, naik 0,4% atau Rp 4.000 dibandingkan harga Jumat kemarin.


Sementara itu, satuan 100 gram yang biasa menjadi acuan dibanderol Rp 93.812.000/batang atau Rp 938.120/gram, naik 0,43%.

Gambar Grafik Harga Emas Antam

AntamFoto: Antam
Antam

Kemarin, harga emas dunia menguat 0,58% ke US$ 1.877,95 setelah data menunjukkan pertumbuhan ekonomi AS meroket 33,1% di kuartal III-2020, yang membuat daya tarik emas menurun.

Alhasil, harga emas Antam juga ikut menguat kembali. Pergerakan harga emas dunia memang menjadi salah satu acuan harga logam mulia di dalam negeri, sehingga naik turunnya akan cenderung diikuti.

Walaupun kembali menguat, namun penguatan emas acuan dunia tersebut belum terlalu signifikan. Pasalnya pasar masih bersikap hati-hati jelang Pemilihan Presiden AS pada Selasa, 3 November mendatang.

Seperti yang diungkapkan oleh Andy Hecht partner di bubbatrading.com, terkait dengan Pilpres di AS, siapa pun pemenangnya apakah petahana dari Partai Republik, Donald Trump, atau penantangnya dari Partai Demokrat, Joseph 'Joe' Biden, harga emas dikatakan tetap akan menguat.

Tetapi jika Biden yang memenangi Pilpres akan lebih menguntungkan bagi emas, sebab menurut Hetch nilai stimulus yang akan digelontorkan lebih besar.

"Saya melihat kita masih di tahap awal supercyle komoditas, itu artinya emas akan melesat tinggi, begitu juga dengan perak," katanya.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading