Ibu-ibu Harap Tenang! Emas Pegadaian Merah 3 Hari Beruntun

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
16 October 2020 14:13
Masyarakat mengunjungi bazzar emas di kantor pusat pegadaian, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (28/6/2019).

Setiap hari Jumat, Pegadaian selalu menyelenggarakan lelang emas. Biasanya, ada beberapa barang yang turut dilelang, seperti barang elektronik hingga kendaraan. 

Namun berdasarkan pantauan, yang paling dikerubungi adalah perhiasan emas dengan harga mencapai Rp 9 juta.

Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap ekonomi membuat banyak orang menggadaikan barang berharga guna memenuhi kebutuhan yang mendesak.

Pegadaian mencatat investasi masyarakat dalam bentuk emas mencapai 2,1 ton pada tahun lalu. Hingga kini, investasi tabungan emas sudah dimiliki 1,4 juta penabung. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas batangan yang dijual di Pegadaian mayoritas mengalami penurunan pada perdagangan Jumat (16/10/2020).

Pegadaian menjual 3 emas Antam dan emas UBS di berbagai satuan, sebagian besar kini sudah turun dalam 3 hari beruntun.

Meski demikian, harga emas dunia yang diprediksi akan menguat di tahun depan membuat masa depan emas di Pegadaian juga cerah. Sebab, harga emas dunia merupakan salah satu faktor utama yang menentukan harga emas di dalam negeri.


Dalam laporan terbarunya, ahli strategi komoditas di TD Securities menyebutkan jika pemerintahan baru di Amerika Serikat mulai terbentuk awal tahun depan, harga emas berpotensi reli lagi dan target harga 2021 dipatok di US$ 2.100/troy ons.

TD Securities merupakan perusahaan finansial ternama Kanada. 

Saat ini harga emas dunia di kisaran US$ 1.900/troy ons, artinya harga emas dunia diramal akan naik lebih dari 10%. Hitung-hitungan kasar, harga emas di dalam negeri juga berpeluang naik sekitar 10% dan tidak menutup kemungkinan jauh lebih tinggi tergantung dari kurs rupiah.

Balik lagi ke emas di Pegadaian, emas Antam standar hari ini bervariasi, ada yang turun, stagnan, ada juga yang naik.

Satuan 25 dan 50 gram mengalami penurunan masing-masing 0,09%, sementara yang naik di satuan 3, 250, dan 1.000 gram dengan kenaikan lebih dari 0,2%. Sementara satuan lainnya stagnan.

Emas Antam jenis retro satuan 0,5 gram stagnan di Rp 486.000/batang, sementara satuan lainnya mengalami pelemahan, meski tipis sekitar 0,1%.

Emas Antam retro merupakan emas kemasan lama, dimana keping emas dan sertifikatnya terpisah. Emas retro ini terakhir kali diproduksi pada tahun 2018. Emas retro juga menjadi jenis emas Antam yang paling sering naik-turun.

Kemudian emas Antam batik satuan 0,5 gram naik 0,15% ke Ro 654.000/batang dan satuan 1 gram 0,17% ke Rp 1.213.000/batang.

Emas batik merupakan jenis emas Antam yang paling mahal di bandingkan jenis standard dan retro. Pegadaian hanya menjual emas Antam batik satuan 0,5 gram dan 1 gram.

Sementara itu emas UBS turun di semua satuan, bahkan paling besar diantara emas Antam yang mengalami penurunan.

Berikut daftar lengkap harga emas di Pegadaian beserta perubahannya.


[Gambas:Video CNBC]

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading