Heboh Emas Palsu, Begini 4 Cara Cek Emas Asli Biar Gak Ketipu

Investment - Haryanto, CNBC Indonesia
03 July 2020 14:01
A Thai shopkeeper talks to customer who sold gold necklace to the gold shop in Bangkok, Thailand, Thursday, April 16, 2020. With gold prices rising to a seven-year high, many Thais have been flocking to gold shops to trade in their necklaces, bracelets, rings and gold bars for cash, eager to earn profits during an economic downturn.(AP Photo/Sakchai Lalit)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dunia telah dihebohkan oleh skandal pemalsuan emas terbesar dalam sejarah oleh perusahaan di Wuhan, China, Kingold Jewelry Inc. Lebih dari 4% cadangan emas resmi di Negeri Tirai Bambu kemungkinan palsu.

Sebanyak 83 ton emas murni yang disimpan perusahaan Kingold Jewelry Inc pada bulan Juni disinyalir palsu. Padahal jumlah emas tersebut digunakan untuk mendukung (menjaminkan) 16 miliar yuan (Rp 32,2 triliun) pinjaman atau setara dengan 22% produksi emas tahunan dan 4,2% dari cadangan emas China pada 2019.

Sebelumnya lebih dari selusin lembaga keuangan China, meminjamkan 20 miliar yuan (Rp 40,2 triliun) selama 5 tahun terakhir ke Kingold, dengan emas murni sebagai jaminan dan polis asuransi untuk menutupi kerugian.


Namun nyatanya, batangan emas yang digunakan sebagai agunan ternyata bukan emas asli, melainkan tembaga berlapis emas. Informasi ini dirilis pertama kali oleh Asia Nikkei.

Berita tersebut tentunya memberikan kekhawatiran masyarakat yang berinvestasi di emas batangan. Kendati demikian, hal ini tidak perlu menjadi suatu yang merisaukan pikiran, jika kita mampu mengenali tanda-tanda dari palsunya suatu emas batangan.

Perubahan nilai emas, memang bisa berdampak pada logam mulia untuk lebih rentan terhadap pemalsuan. Penting untuk mengetahui cara menemukan emas palsu untuk memastikan Anda mendapatkan apa yang Anda bayar.

Oleh karena itu, melalui sebuah situs online Wikihow.com, ada beberapa cara untuk membedakan antara emas asli dan emas palsu.

Berikut caranya:

Langkah 1, Mengamati Emas

A. Timbang emasnya

Emas adalah logam yang sangat padat, sehingga akan lebih berat dari yang terlihat. Gunakan skala perhiasan untuk menentukan berat emas yang tepat.

Batangan emas biasanya memiliki berat yang tertulis di atasnya. Pastikan berat aktual sesuai dengan prasasti ini. Banyak koin dan keping emas juga akan dicap. Pastikan beratnya akurat.

B. Ukur ukurannya

Emas harus lebih kecil dibandingkan dengan beratnya. Potongan emas palsu mungkin memiliki berat yang lebih, tetapi juga terlalu besar untuk menyamai berat emas asli. Periksa diameter dan ketebalan koin emas apa pun yang Anda pertimbangkan untuk dibeli.

Batangan emas dijual dalam berbagai ukuran, tetapi ukuran batangan emas standar adalah 7 "x 3 ⅝" x 1 ¾ "dan beratnya 400 ons atau 27,5 pound.

Tentukan volume aktual benda tidak beraturan, seperti cincin, dengan menempatkannya dalam silinder berskala akurat hingga 0,1 mililiter (mL). Tempatkan 20 mL air di dalam silinder dan tambahkan benda yang ingin Anda uji. Catat perbedaan ketinggian air. 1 sentimeter kubik sama dengan 1 mL.

C. Hitung kepadatan emas Anda

Kepadatan adalah pengukuran massa per volume. Setelah Anda mengetahui berat emas dan volumenya, Anda dapat dengan mudah menghitung kerapatan dengan membagi massa dengan volumenya.

Emas 24 karat memiliki kepadatan 19,3 gram per sentimeter kubik, Emas 18 karat memiliki kepadatan 15,6 gram per sentimeter kubik, Emas 14 karat memiliki kepadatan 13,1 gram per sentimeter kubik.

D. Periksa stempel

Emas akan dicap dengan berat karat atau kemurnian emas serta nama pabrikannya. Cap ini biasanya berada di jepit perhiasan. Tanda karat khas adalah 10K, 14K, dan 24K. Beberapa emas palsu akan memiliki cap karat di atasnya, tetapi jarang memiliki nama pabrikan.

E. Carilah perubahan warna

Sebagai logam mulia, emas tidak ternoda atau berkarat. Jika Anda melihat perubahan warna pada logam, itu adalah pertanda pasti bahwa itu bukan emas murni.

Jika kulit Anda berubah warna atau kehijauan saat mengenakan perhiasan emas, kemungkinan itu adalah perunggu yang dicampur dengan tembaga. Emas murni tidak menimbulkan reaksi saat dikenakan pada kulit untuk waktu yang lama.

Seorang ahli mengatakan, jika ada oksidasi hijau di permukaan perhiasan, itu umumnya pertanda bahwa emas itu palsu. Namun, satu-satunya cara untuk memastikan adalah mengujinya dengan peralatan permata atau penguji emas. 

Begini Pengujian Emas Asli
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading