Sedang Rame Resesi, Harga Emas Antam Malah Tak Gerak

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
18 February 2020 09:48
Sedang Rame Resesi, Harga Emas Antam Malah Tak Gerak
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam stagnan pada perdagangan Selasa (18/2/2020), meski pasar finansial sedang dicemaskan akan risiko terjadinya resesi.

Berdasarkan harga Logam Mulia di gerai Butik Emas LM - Pulo Gadung di situs logammulia.com milik Antam, harga tiap gram emas Antam ukuran 100 gram naik menjadi Rp 73 juta juta per batang atau 730.000/gram, harga yang sama dengan Senin kemarin.

Wabah virus corona atau Covid-19 yang melanda China kini memiliki "produk turunan" yakni resesi. Setidaknya ada tiga negara yang berisiko mengalami resesi, yakni Singapura, Jerman, dan Jepang. Ketiganya memiliki hubungan erat dengan China.

Meski "hantu" resesi kembali muncul, tetapi emas dunia pada perdagangan kemarin malah melemah tipis.




Melemahnya harga emas dunia kemarin terjadi setelah bank sentral China (People's Bank of China/PBoC) kembali menggelontorkan stimulus untuk meredam dampak Covid-19 di perekonomian.

PBoC mengumumkan penurunan suku bunga Medium-term Lending Facility (MLF) tenor setahun dari 3,25% menjadi 3,15%. Selain itu PBoC juga akan menggelontorkan dana senilai US$ 29 miliar dalam bentuk pinjaman jangka menengah.

Stimulus moneter dari PBoC tersebut membuat bursa saham China, Shanghai Composite, melesat lebih dari 2% awal pekan kemarin, dan sentimen pelaku pasar sedikit membaik, dampaknya harga emas dunia yang sudah menguat dua hari beruntun menjadi melemah. Hal tersebut membuat harga emas Antam hari ini mager.

Harga emas dunia merupakan salah satu faktor yang menentukan harga emas Antam.

Selain harga emas dunia beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas Antam adalah nilai tukar rupiah, penawaran-permintaan, permintaan industri emas, isu global, tingkat inflasi, dan tingkat suku bunga.

Selain emas Antam biasa, Aneka Tambang juga menawarkan emas batik dan emas tematik serta menampilkan harga hariannya di situs yang sama.

Di sisi lain, Antam juga menjual emas batangan dengan dasar ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram di berbagai gerai yang tersedia di berbagai kota, dari Medan hingga Makassar.

Harga dan ketersediaan emas di tiap gerai bisa berbeda. Harga emas tersebut sudah termasuk PPh 22 0,9%. Masyarakat bisa menyertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah yaitu 0,45%.





TIM RISET CNBC INDONESIA  (pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading