Emas Antam Sedang Tak Bergairah, Saatnya Beli?

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
13 February 2020 09:44
Emas Antam Sedang Tak Bergairah, Saatnya Beli? Foto: Karyawan menunjukkan emas batangan yang dijual di Butik Emas, Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2018). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) stagnan alias tidak berubah pada perdagangan Kamis (13/2/2020). Harga emas dunia dan rupiah yang bergerak tipis-tipis Rabu kemarin membuat harga emas Antam mager.

Berdasarkan harga Logam Mulia di gerai Butik Emas LM - Pulo Gadung di situs logammulia.com milik Antam, harga tiap gram emas Antam ukuran 100 gram tetap Rp 72,5 juta juta per batang atau 725.000/gram dibandingkan Kamis kemarin.

Harga emas Antam cenderung mengikuti pergerakan harga emas dunia yang dibanderol dengan dolar AS, sehingga nilai tukar rupiah juga mempengaruhi harga emas Antam.


Pada perdagangan Rabu kemarin, harga emas dunia melemah 0,13% ke US$ 1/565,32/troy ons, sementara rupiah menguat 0,04% di pasar spot, berdasarkan Refinitiv.

Pergerakan tipis-tipis tersebut tidak lepas dari sikap pelaku pasar yang melihat seberapa besar wabah virus corona akan berdampak pada perekonomian global.



Berdasarkan data dari satelit pemetaan ArcGis, total korban meninggal akibat virus corona atau yang dinamai Covid-19 sebanyak 1.367 orang. Dari total tersebut, sebanyak dua orang yang meninggal di luar China. Covid-19 kini telah menjangkiti lebih dari 60.000 orang di seluruh dunia.

Angka tersebut naik signifikan dibandingkan laporan kemarin dimana sebanyak 1.115 orang meninggal, dan menjangkiti sekitar 45.000 orang di seluruh dunia.

Rabu kemarin sempat muncul harapan akan segera berakhirnya wabah Covid-19 setelah penyebarannya mulai melambat, sehingga harga emas dan rupiah hanya bergerak tipis-tipis. Tetapi pada hari ini, terjadi lonjakan jumlah kasus, dampkany harga emas dunia menguat cukup signifikan pagi ini, dan rupiah melemah.

[Gambas:Video CNBC]


Kenaikan harga emas dunia dan pelemahan rupiah hari ini baru akan mempengaruhi harga emas Antam besok.

Selain harga emas dunia dan nilai tukar rupiah, beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas adalah, penawaran-permintaan, permintaan industri emas, isu global, tingkat inflasi, dan tingkat suku bunga.

Selain emas Antam biasa, PT Aneka Tambang juga menawarkan emas batik dan emas tematik serta menampilkan harga hariannya di situs yang sama.

Di sisi lain, Antam juga menjual emas batangan dengan dasar ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram di berbagai gerai yang tersedia di berbagai kota, dari Medan hingga Makassar.

Harga dan ketersediaan emas di tiap gerai bisa berbeda. Harga emas tersebut sudah termasuk PPh 22 0,9%. Masyarakat bisa menyertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah yaitu 0,45%.


(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading