Harga Emas Sedang Tinggi, di Mana yang Jual Lebih Murah?

Investment - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
08 January 2020 16:38
Harga Emas Sedang Tinggi, di Mana yang Jual Lebih Murah? Foto: Karyawan menunjukkan emas batangan yang dijual di Butik Emas, Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2018). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Antam di Gerai Pulo Gadung mencapai Rp 750.000/gram untuk keping acuan 100 gram, mencetak rekor tertinggi baru sepanjang masa. Namun, ternyata untuk membeli emas, ada beberapa gerai alternatif lain.

Berdasarkan data online beberapa agen penjual emas murni, selain emas yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM, Antam) ada juga beberapa tipe yang juga dijual di gerai tersebut. Beberapa di antaranya adalah Emas Waris Sampoerna yang diproduksi PT Sampoerna Gold Indonesia dan Emas UBS yang diproduksi PT Untung Bersama Sejahtera.


Data tersebut diambil hari ini (8/1/20) dari situs Logammulia milik Antam, situs penjual emas online Orori, dan website UBSlifestyle milik UBS di Surabaya.


Khusus untuk situs UBSlifestyle, ada pengumuman bahwa perusahaan memiliki slogan pengiriman gratis (free shipping) meskipun tidak disertai penjelasan detail. Pengiriman gratis itu terpampang bersama dua slogan lain yaitu produk otentik (100% authentic), dan desain eksklusif (exclusive design).

Ternyata harga emas Antam masih lebih murah untuk semua seri kepingan berdasarkan data yang tersedia di situs Pegadaian, meskipun tidak dijelaskan secara detail ketersediaan emas ritel tersebut per kepingnya di puluhan cabang mereka dalam satu kota.


Dari harga hari emas murni hari ini, terlihat bahwa harga emas Antam di Gerai Pulo Gadung yang ditampilkan situs Logammulia masih lebih mahal dibandingkan emas Antam di Pegadaian maupun dibanding emas murni jenis lain. 

 

 

TIM RISET CNBC INDONESIA

(irv/irv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading