Tips Investasi

Apa Itu Dinar atau Dirham, Bisa Jadi Instrumen Investasikah?

Investment - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
30 October 2019 14:53
Foto: Koin Dinar (REUTERS/Nir Elias)

Jakarta, CNBC Indonesia - Selain logam mulia berupa emas batangan, masyarakat juga sudah mulai mengenal dinar dan dirham sebagai instrumen investasi alternatif. Dinar biasanya berupa kepingan logam emas, sedangkan dirham terbuat dari perak.

Berdasarkan hukum Syariah Islam, dinar merupakan uang emas murni yang memiliki berat 1 mitsqal atau setara dengan 1/7 troy ounce, sedangkan dirham, berdasarkan ketentuan Open Mithqal Standard (OMS), memiliki kadar perak murni dengan berat 1/10 troy ounce.

Mengacu situs logammulia, dinar dan dirham memang dikenal sebagai alat perdagangan resmi yang paling stabil dan sesuai syariah sejak berabad-abad lamanya. Selain itu dapat juga digunakan untuk pembayaran zakat, alat investasi atau simpanan, dan mahar.



Di Indonesia, koin dinar dan dirham juga diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam), dinar ini memiliki bobot 4,25 gram berukuran 22 karat dan bersertifikat.

Berikut beberapa koin dinar dan dirham di Butik Logam Mulia Antam:

Koin 1 Dinar Au 91.7%

Investasi Syariah: Harga Dirham dan Dinar Hari IniFoto: ANTM


Dinar ini didesain dengan gambar Masjidil Haram di bagian depan dan bertuliskan dua kalimat Syahadat di bagian belakang. Berat dari koin ini 4,25 gram dengan kemurnian Au 91,7%.

Namun Antam juga menjual berbagai spesifikasi lainnya. Misalnya Koin 1/4 dinar dengan harga Rp 682.005. Arti Au 91,7% dinar adalah koin dinar yang terbuat dari emas dengan kandungan 91,7% alias emas 22 karat. Au berasal dari kata Aurum, nama latin untuk emas.


Koin 1 Dinar FG 99,99%

Investasi Syariah: Harga Dirham dan Dinar Hari IniFoto: ANTM

Koin dinar ini didesain sederhana dengan logo khas Logam Mulia dan tulisan Fine Gold (FG). Dengan berat 4,25 gram dan kandungan kemurnian FG 99,99%, atau emas 24 karat.


Koin 1 Dirham Ag 99,95%

Investasi Syariah: Harga Dirham dan Dinar Hari IniFoto: Dok ANTAM


Didesain dengan gambar Masjid al Aqsha di bagian depan, dan bertuliskan dua kalimat Syahadat di bagian belakang. Dengan kemurnian Ag 99,95% dan berat 2,975 gram.


LANJUT HALAMAN 2: Menarikkah dinar dan dirham untuk investasi?

Bisakah Dinar & Dirham Dijadikan Investasi?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading