Luhut: Enggak Ada Rencana Penutupan Pulau Komodo!

Investment - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
11 October 2019 10:30
Luhut: Enggak Ada Rencana Penutupan Pulau Komodo! Foto: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjdaitan (CNBC Indonesia/Cantika Adinda Putri)
Jakarta, CNBC Indonesia - Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pemerintah tidak ada rencana menutup Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT). Adapun rencana yang ada adalah menata pulau tersebut menjadi destinasi pariwisata yang bisa menyerupai wisata di Afrika.

"Pulau Komodo enggak ada rencana penutupan Komodo. Kita ingin menata Komodo menjadi tourist destination. Jadi, seperti di Afrika ada tempat safari," kata Luhut di kantor Kemenko Kemaritiman, Jumat (11/10/2019).

Dia mengatakan selain pengembangan tersebut, rencana lain atas Pulau Komodo ialah akan dibentuk pusat riset sehingga nantinya pulau yang menjadi lokasi Taman Nasional Komodo itu bisa lebih teratur.


Foto: Pulau Komodo (REUTERS/Beawiharta)

"Itu kayak dinosaurus di Komodo, mau dibikin research center, kita mau atur, supaya engak jadi semrawut. Jadi jangan khawatir enggak dapat kerjaan. Dengan adanya penataan begini, maka nanti penduduk setempat akan lebih sejahtera," tegas mantan Kepala Staf Kepresidenan ini.


Dia menjelaskan pulau lain yakni Pulau Rinca, pulau kecil dekat Pulau Komodo, juga hidup komodo sehingga akan dibuat secara eksklusif riset yang bagus, penginanap yang baik sehingga para wisatawan bisa datang dan mengeluarkan dana.

"Pulau Rinca ada Komodo juga, Pulau Komodo ini akan dibikin eksklusif dengan research yang bagus, penginapan oke. Kalau mau ke situ, keluarin lah uang berapa banyak."

Dia mengatakan Indonesia memiliki 7 heritage atau warisan dunia, termasuk Komodo dan Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh dan Sumatera Utara sehingga pemerintah akan pelestarian lingkungan. "Kita ingin juga itu ditata baik. Komodo untuk wisata, ingin tata dengan baik."

Pada awal tahun, Pemerintah Provinsi NTT 
berencana menutup lokasi wisata Taman Nasional Komodo dari kunjungan wisatawan selama satu tahun. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan populasi komodo, dan juga rusa yang menjadi makanan utama hewan purba tersebut.

"Kami akan menutup Taman Nasional Komodo selama satu tahun. Pemerintah NTT akan melakukan penataan terhadap kawasan Taman Nasional Komodo agar menjadi lebih baik, sehingga habitat komodo menjadi lebih berkembang," kata Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, seperti yang dikutip CNN Indonesia yang dilansir Antara."

(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading