Trump Jadi Penyebab Harga Emas Antam Menggila Rp 20.000/Gram

Investment - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
03 July 2019 11:50
Trump Jadi Penyebab Harga Emas Antam Menggila Rp 20.000/Gram
Jakarta, CNBC Indonesia - Penguatan harga emas Antam fantastis hari ini hingga di atas 3% sehingga membuat harganya menembus rekor tertinggi Rp 665.000 setidaknya sejak akhir Agustus tahun lalu. 

Harga itu merupakan nilai tiap gram emas Antam yang berukuran 100 gram, berdasarkan harga Logam Mulia di gerai Butik Emas LM - Pulo Gadung yang diumumkan di situs logammulia milik Antam hari ini (3/7/19). 




Penyebab langsungnya meroketnya harga emas Antam tentu harga emas di dunia, yang umum dipakai adalah harga di pasar spot.  

Di sisi lain, penyebab tidak langsung harga emas Antam naik adalah hal yang menyulut kenaikan harga emas dunia itu yaitu gegara kembalinya potensi dibukanya front perang dagang Amerika Serikat ke sisi Samudra Atlantik, yaitu ke Eropa. 

Sebelumnya, arah perang dagang AS ke Benua Biru sudah pernah terjadi yang dipicu 'siriknya' Presiden AS Donald Trump yang menginginkan negara Eropa menyetop subsidi pada perusahaan produsen pesawat Airbus yang merupakan saingan Boeing asal AS. 




Front baru tersebut kembali terbuka setelah front Timur perang dagang AS yaitu di China kembali memanas setelah sempat mesra sesaat di acara KTT G20 akhir pekan lalu. 

Negeri Tirai Bambu kembali meradang karena niatan Trump melonggarkan sentimen negatif terhadap produsen ponsel dan peralatan IT Huawei ternyata tidak semurah hati yang dipikirkan Xi Jinping dan publik di awal. 

Gedung Putih berpendapat pernyataan Trump tidak berarti akan menghapus nama Huawei dari daftar hitam dan transaksi perdagangan yang dibolehkan dengan Huawei hanyalah bagi perusahaan AS yang menjual komponen ke Huawei, selama tidak membahayakan keamanan.   



Untuk harga emas, setiap ada kontraksi di belahan dunia manapun, pasar keuangan akan menyikapinya dengan negatif dan secara lumrah bertolak belakang dengan harga emas yang pergerakannya justru mengikuti arah kontraksi karena sifatnya sebagai instrumen investasi lebih aman (safe haven). 

Sifatnya sebagai safe haven tersebut juga membuat logam mulia didaulat sebagai wahana lindung nilai (hedging). 

Harga emas Antam yang digunakan adalah harga seri kepingan 100 gram biasa dijadikan acuan pasar, meskipun seri kecil seperti 0,5 gram dan 1 gram sudah menembus Rp 700.000. 

Meskipun acuannya adalah seri keping 100 gram, ketika harganya naik tinggi seperti sekarang pelaku pasar perdagangan emas lebih memilih harga beli kembali (buyback) Antam sebagai acuan perdagangan sementara karena selisih harga jual dan harga beli. 

Harga buyback yang hari ini berada pada Rp 643.000 per gram tersebut dapat menunjukkan harga beli yang harus dibayar Antam jika pemilik batang emas bersertifikat ingin menjual kembali investasi tersebut. 


TIM RISET CNBC INDONESIA


(irv/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading