Terkuak! Milenial Bergaji Rp 5-10 Juta Dominan Cari Rumah Lho

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 May 2019 10:45
Terkuak! Milenial Bergaji Rp 5-10 Juta Dominan Cari Rumah Lho
Jakarta, CNBC Indonesia - Kebutuhan tempat tinggal atau properti sekarang ini menjadi fokus bagi semua orang termasuk generasi milenial. Hal ini dibuktikan dari hasil Sentiment Survey yang baru-baru diadakan oleh Rumah123 untuk mengetahui tren perilaku masyarakat Indonesia terhadap properti.

Berdasarkan data yang diolah oleh tim Business Intelligent Rumah123, persentase pencari informasi seputar properti meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

"Semakin banyak orang yang memiliki aspirasi terhadap properti, mengalahkan dominasi persentase first time home buyers dalam dua tahun terakhir," ujar Maria Manik, Country GM Rumah123, dalam paparan hasil Sentiment Survey di Jakarta, Kamis (16/5).



Riset itu juga menunjukkan bahwa dari 3.007 total responden, terdapat 26.29% responden berstatus sudah menikah. Bahkan sebagian besar masyarakat Indonesia justru didominasi oleh milenial untuk berinvestasi dan bergaji antara Rp 5 hingga Rp 10 juta.

"Tak hanya mereka yang baru mencari tahu seputar pasar properti, sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan sedang aktif mencari properti untuk dibeli atau bahkan investasi, yang justru didominasi oleh millenial, yang memiliki rentang usia 22-28 tahun, dengan rentang gaji 5 - 10 juta," kata dia.

Sementara itu, ada banyak hal yang menjadi pertimbangan masyarakat dalam membeli properti, seperti lokasi sebagai prioritas pertama dengan presentase 20,68%, diikuti harga (20,50%), fasilitas (20,03%), promo khusus (19,52%), dan desain (19,28%).

Rumah 123 adalah situs properti dan bagian dari REA Group dari Melbourne, Australia. Grup ini beroperasi di Indonesia, Malaysia, Singapura, Hong Kong, Macau, Thailand, Melbourne, Eropa dan Amerika.

Terkuak! Milenial Bergaji Rp 5-10 Juta Dominan Cari Rumah LhoFoto: Infografis/Tips Agar Milenial Betah di Tempat Kerja/Arie Pratama
(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading