'Orang Kaya Justru Tak Suka Simpan Uang Tunai'

Investment - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
15 November 2018 14:25
'Orang Kaya Justru Tak Suka Simpan Uang Tunai'
Jakarta, CNBC Indonesia- Sejumlah orang memilih menabung daripada berinvestasi. Bahkan tabungan mereka di ATM bisa sampai ratusan juta rupiah. Namun ternyata hal ini tak disarankan oleh miliuner.

Crazy Rich Ray Dalio mengatakan jangan simpan uang dalam bentuk tunai. Itu menjadi hal terburuk yang dilakukan demi menabung untuk masa depan. Orang kaya tak menyimpan uang tunai.




"Itu adalah hal terburuk yang kamu lakukan karena pajak akan 'menggerogoti' uangmu. Pengembalian uangmu jauh lebih rendah dibandingkan kamu berinvestasi karena ada inflasi," papar Ray seperti dilansir dari CNBC Internasional.

Inflasi membuat harga barang terus naik setiap tahun. Nilai barang US$1,495 pada September 2018 sama dengan barang seharga US$1,000 pada Januari 2000, menurut BLE Inflation Calculator. Jadi semakin tahun harga kian naik dan nilainya tidak sama lagi dengan saat ini.

Untuk itu, ketika ingin menabung pilihlah investasi daripada memendam uang tunai dalam bentuk tabungan yang bisa diambil melalui ATM. Tak hanya berupa tabungan, deposito pun kurang dianjurkan

Ray mengaku tak terlalu menyarankan untuk menyimpannya dalam bentuk deposito karena pengembaliannya kecil. Apalagi kalau penyimpanan tersebut dilakukan dalam waktu panjang.

Cobalah pilih investasi yang menurut Ray akan berjalan lebih baik. Investasi apa pun termasuk pasar modal memiliki pengembalian lebih besar dibandingkan menabung.

"Melewati waktu yang panjang, saham akan mempunyai pengembalian besar, real estate juga imbal hasilnya lebih besar dibanding cash," tambahnya. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading