Saham Masih Bergejolak, Reksa Dana Pasar Uang Jadi Juaranya

Investment - Monica Wareza, CNBC Indonesia
02 October 2018 16:55
Saham Masih Bergejolak, Reksa Dana Pasar Uang Jadi Juaranya
Jakarta, CNBC Indonesia - Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih menunjukkan kinerja negatif, baik itu secara year to date (ytd) maupun month to month (mtm). Dari awal tahun hingga akhir Agustus, kinerja IHSG terkoreksi 5,97% dan jika dihitung sejak akhir Juli sebesar -0,70%.

Hal ini berdampak pada kinerja indeks acuan reksa dana saham yang juga tak jauh lebih baik dibandingkan indeks acuan. Berdasarkan data dari Infovesta, hampir seluruh benchmark reksa dana belum membaik baik sejak awal tahun maupun sejak akhir Juli.

Satu-satunya reksa dana yang memberikan return positif kepada investor adalah reksa dana pasar uang yang tercermin dalam Infovesta Money Market Fund Index sudah memberikan return positif sebesar 2,96% sejak akhir 2017 dan 0,29% sejak akhir Juli lalu.


Sementara, jenis reksa dana lainnya masih belum mampu memberikan keuntungan kepada investornya.

Kinerja reksa dana saham yang tercermin dalam Infovesta Equity Fund Index tercatat maish berkinerja negatif sebesar -5,60% dan secara mtm -0,40%.

Lalu, reksa dana pendapatan tetap atau yang tergambar di Infovesta Fixed Income Fund Index masih turut melemah 3,92% secara ytd dan secara mtm minus 0,33%.

Tak jauh berbeda, reksa dana campuran atau Infovesta Balanced Fund Index tercatat masih berkinerja negatif 3,55% dan minus 0,44% secara year to date dan month to month. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading