Perhatian! Sekarang Bisa Buka Rekening Saham Dalam Sekejap

Investment - Irvin Avriano, CNBC Indonesia 10 August 2018 12:56
Perhatian! Sekarang Bisa Buka Rekening Saham Dalam Sekejap Foto: Freepik
Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakalĀ mempercepatĀ pembuatan rekening efek dan rekening dana sekuritas dalam hitungan detik dari sebelumnya hari, guna memudahkan para calon investor saham untuk terjun ke pasar modal.

Hoesen, Kepala Eksekutif Pasar Modal OJK, mengatakan hal itu akan dilakukan melalui pembuatan pedoman percepatan pembukaan rekening efek oleh otoritas yang berniat diterbitkan tahun ini.

"Nanti bahkan tidak sehari lagi, tetapi lebih cepat lagi, segini (jentikkan jari), sekejap," ujar Hoesen kepada wartawan siang ini.


Untuk mendukung pembuatan pedoman itu, dia mengatakan pihaknya sedang berkordinasi dengan pihak terkait, yaitu pihak di pasar modal seperti sekuritas serta pihak dari pelaku industri perbankan dan otoritasnya.

Hal itu, lanjutnya, juga menjadi bagian dari proses bisnis yang disederhanakan yang selama ini tengah dijalankan otoritas. Pernyataan tersebut disampaikan Hoesen saat perayaan hari ulang tahun pasar modal ke-41 tahun dengan tema Menuju Pasar Modal yang Modern di Era Ekonomi Digital.

Direktur Utama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Friderica Widyasari menambahkan saat ini pembuatan rekening dimungkinkan dapat dilakukan dalam 19 menit. "Asal ada koneksi antara sekuritas, bank, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)."

Menurut dia, saat ini otoritas bursa dan otoritas pasar modal juga sedang mengupayakan pembukaan rekening efek di bank pembuka rekening dana nasabah (RDN) serta pembukaan rekening melalui formulir elektronik.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ags/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading