Tips Investasi

Investasi Berlian Tak Bisa Sembarangan, Ini Caranya

Investment - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
18 June 2018 12:57
Investasi Berlian Tak Bisa Sembarangan, Ini Caranya
Jakarta, CNBC Indonesia - Siapa yang tidak kenal berlian? Salah satu batu mulia ini merupakan yang paling populer dan umum diminati oleh masyarakat, bukan hanya karena kemilau kecantikannya tapi juga nilainya yang tinggi. Sehingga, tak jarang banyak yang ingin berinvestasi dalam berlian.

Namun, untuk bisa investasi berlian, tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin berinvestasi pada salah satu jenis batu permata ini. Berikut cara-cara yang dilansir dari CNBC Internasional:

1. Persyaratan Dasar untuk Investasi Berlian
Sebelum Anda berinvestasi dalam berlian, pastikan investasi Anda memenuhi persyaratan minimum berikut: transparansi harga, likuiditas ketika dijual kembali, akses pasar, sertifikasi mutu, dan bimbingan ahli.


Berlian investasi harus dibeli dengan harga yang cukup dekat dengan harga yang dapat dijual kembali dengan mudah. Membeli secara eceran dan menjual kembali di grosir adalah ide yang buruk, jadi Anda perlu terhubung dengan seorang ahli yang dapat memberikan Anda akses langsung ke harga dan pasar dealer internasional.

Anda juga harus memastikan kualitas berlian investasi Anda melalui pemeringkatan pihak ketiga dan ahli independen. Penting bagi Anda untuk menjalin hubungan dengan ahli dalam berlian investasi yang dapat dipercaya dan dapat memberi Anda saran tentang waktu, memastikan kontrol kualitas dan menangani transaksi Anda.

2. Investasikan pada Hal-Hal Dasar
Berlian dengan warna mewah dengan ukuran sangat besar dan mahal memang menarik perhatian kolektor super-kaya, tetapi mereka tidak laku jika diperdagangkan dan tidak menawarkan transparansi harga atau likuiditas dijual kembali tepat waktu. Kecuali Anda adalah investor miliarder dan/atau kolektor ahli, jauhkan diri dari berlian yang spektakuler. Harga mereka sangat spekulatif dan seringkali sulit dijual kembali.

Rapaport Group merekomendasikan investasi awal di kisaran 1,01 hingga 1,49 karat, warna D-H, kejelasan IF-VS2, dengan tingkat pemotongan Excellent to Very Good, Rapaport Specification 2+ diamonds. Perdagangan berlian dengan spesifikasi tersebut dilakukan setiap hari, harganya sudah dikenal umum, dan mudah dibeli dan dijual.

Tergantung pada anggaran investasi, tujuan strategis dan persyaratan diversifikasi, investasi berlian dapat mencakup ukuran tambahan misalnya 1,5 karat (0,51-0,69 karat) dan 2-5 karat.

Portofolio investasi dengan menggunakan berlian dengan ukuran berbeda juga dapat dipertimbangkan, tapi Anda disarankan untuk memperketat investasi Anda pada berlian investasi yang terdefinisi dengan baik dan terstandarisasi seperti yang dijelaskan di atas.

3. Sertifikasi Mutu
Berlian investasi harus dinilai oleh Gemological Institute of America (GIA) dan dikonfirmasi oleh ahli Anda.

GIA adalah otoritas penilaian utama, mereka menilai semua jenis berlian termasuk berlian berkualitas rendah di bawah standar. Tetapi perlu diingat, meski berlian memiliki laporan peringkat dari GIA, tidak berarti itu adalah berlian yang bagus. Mintalah ahli Anda memastikan berlian memenuhi standar kualitas Rapaport Specification 2+ di samping memiliki laporan penilaian GIA.

4. Biaya Transaksi dan Bid/Ask Spreads
Biaya transaksi berlian investasi yang masuk akal yang melibatkan pengiriman fisik berlian dapat berjalan dalam kisaran 2%-5% tergantung pada ukuran investasi. Rapaport Group sedang mengembangkan model investasi baru yang akan memberikan peluang investasi berlian yang tidak memerlukan pengiriman fisik berlian kepada investor dengan biaya transaksi 1,5%.

Investor juga harus menyelidiki bid/ask spread (selisih harga antara harga beli dan jual untuk berlian investasi). Ketika membeli berlian sebagai investasi, ada baiknya untuk mencari tahu apa yang akan Anda dapatkan jika menjual berlian pada hari yang sama.


5. Saran Ahli dan Akses Pasar Internasional
Keputusan terpenting yang harus dibuat oleh investor berlian adalah siapa yang harus dipercaya. Berlian dan pasar berlian sangat kompleks.

Sekali lagi, Anda harus menjalin hubungan dengan penasihat investasi berlian yang canggih dan memiliki pengetahuan dalam nuansa kualitas berlian serta harga berlian internasional dan pasar. Penasihat investasi Anda juga harus memiliki akses perdagangan jual/beli langsung ke pasar berlian global untuk memastikan harga penawaran/harga permintaan yang adil. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading