Selebriti Ini Hasilkan Banyak Uang dari Media Sosial

Investment - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
14 February 2018 16:25
  • Selebriti papan atas China telah menerima segala bentuk sponsor dari merek mewah sampai barang konsumsi massal.
  • Mulai dari bintang film sampai tokoh internet menggunakan ketenaran mereka untuk menjual produknya secara daring, seperti influencer sosial di Barat.
  • Selebriti online di China memiliki nilai kekayaan sekitar 58 miliar yuan (US$ 8,4 miliar atau senilai Rp 114,5 triliun) di tahun 2016, menurut perusahaan data CBNData.
Jakarta, CNBC Indonesia – Dari idola pop sampai wanghong, sebutan untuk selebriti internet, influencer terpopuler di China memiliki satu kesamaan: mereka memperoleh banyak sekali uang.

Selebriti online ini diprediksi memiliki nilai kekayaan sekitar 58 miliar yuan (US$8,4 miliar atau senilai Rp 114,5 triliun) di tahun 2016, menurut perusahaan data CBNData. Hal tersebut membuat sektor tersebut lebih berharga daripada industri film domestik yang memperoleh pendapatan 45,7 miliar yuan di tahun yang sama, seperti dilansir dari CNBC International.

Aktor sekaligus penyanyi Lu Han, mantan anggota grup pop Korea Selatan-China EXO, adalah salah satu selebriti yang paling populer. Dia muncul di berbagai iklan produk, mulai dari aksesoris mewah Cartier sampai minuman susu berperisa merek lokal Yili.


Aktris Yang Mi, memiliki lebih dari 77 juta penggemar di kanal media sosial Weibo, adalah salah satu sosok terkenal yang bekerja sama dengan merek seperti Estee Lauder dan Michael Kors. Dianggap sebagai ikon fashion, Yang juga disebut sebagai “daihuo nüwang” yang berarti ratu pendorong penjualan untuk kemampuannya memicu tren fashion berdasarkan produk desainer yang dikenakan.


Sponsor yang diberikan untuk Lu dan Yang berada di posisi tiga terbesar di dalam daftar selebriti berdasarkan pendapatan dan popularitas dari Forbes China edisi 2017. Lu dikabarkan menghasilkan 210 juta yuan (US$ 33,2 juta) selama 12 bulan sampai 30 Juni 2017. Di periode yang sama, Yang memperoleh 200 juta yuan (US$ 31,6 juta).

Sosok terkenal lainnya juga termasuk tokoh internet yang mungkin jumlah pengikut daringnya lebih sedikit, tapi memiliki kemampuan untuk menarik penonton dari kalangan tertentu. Papi Jiang yang terkenal dengan blog video komedinya, misalnya, telah tampil di iklan produsen jam tangan Jaeger LeCoultre.

Sementara itu, yang lain sudah bergeser dari mulanya mendukung merek sampai akhirnya memulai labelnya sendiri. Model yang berbalik menjadi pengusaha Zhang Dayi, misalnya, menjalankan salah satu toko terpopuler China di pasar daring milik Alibaba, Taobao. Zhang dikabarkan memperoleh 300 juta yuan (US$ 47 juta) dari usaha bisnisnya yang beragam, menurut BBC.

Antara Juli sampai September, lebih dari 400 juta pengguna melakukan pencarian produk yang terkait dengan selebriti di Taobao, menurut Ali Data.
Integrasi ritel online dengan media sosial
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading