Kisah 'Mafia' PayPal yang Kini Hidup Kaya Raya

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
13 June 2019 - 12:40
Foto: REUTERS/Beck Diefenbach
Jakarta, CNBC Indonesia - PayPal Holding Inc dianggap sebagai salah satu pioner dalam sistem pembayaran digital. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini mengoperasikan sistem pembayaran online di seluruh dunia guna mendukung transfer uang.

Selain sukses menyediakan sistem pembayaran digital, PayPal juga punya reputasi sebagai pencetak miliuner di bidang teknologi. Buktinya 14 dari 50 karyawan awal dan pendiri PayPal kini menyandang status miliuner. Mereka merupakan pendiri perusahaan rintisan seperti YouTube, LinkedIn, Reddit, Yelp, dan Tesla.


Pada 2007 Fortune Magazine mengeluarkan ulasan mengenai para karyawan awal dan pendiri PayPal yang sukses setelah meninggalkan perusahaan. Fortune Magazine memfoto mereka dengan gaya pakaian gangster. Sejak itu para alumni PayPal ini sebagai 'Mafia' PayPal.


Asal tahu saja, PayPal didirikan pada 1998 dengan nama Confinity. Setahun kemudian perusahaan ini di merger dengan X.com milik Elon Musk dan nama perusahaan berubah menjadi PayPal. Pada 2002 PayPal dicaplok oleh eBay. Pasca akuisisi ini para karyawan awal dan pendiri memilih meninggalkan perusahaan.

Berikut beberapa Mafia PayPal yang sukses mendirikan startup setelah meninggalkan PayPal, seperti dikutip dari The Telegraph, Rabu (13/6/2019).

Elon Musk

Kisah Mafia PayPal yang Kini Hidup Kaya RayaFoto: CEO Tesla Elon Musk (REUTERS/Rebecca Cook)

Peran di PayPal: Pada 1999 Confinity dimerger dengan X.com perusahaan milik Elon Musk. Ia menjadi salah satu pemegang saham terbesar perusahaan pada saat PayPal dijual ke eBay. Dari transaksi tersebut Elon Musk diperkirakan mendapat US$165 juta.

Setelah dari PayPal: Pada 2012 Elon Musk meluncurkan Space Exploration Technologies (SpaceX) di mana ia menjabat sebagai CEO dan CTO. Pada Mei 2012, produsen pesawat ruang ini menjadi kendaraan komersial pertama yang meluncurkan dan menurunkan kendaraan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Dia juga mengambil alih kepemimpinan perusahaan mobil listrik Tesla Motors. Selain itu, Ia membuat 'Hyperloop' yang merupakan mesin perjalanan udara subsonik yang sepenuhnya bergantung pada energi matahari.

Taksiran kekayaan bersih: lebih dari US$ 9,7 miliar



Lanjut ke halaman berikutnya >>>



(roy/roy)
1 dari 4 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading