Kominfo Buka Blokir Paypal Hanya 5 Hari, Ini Alasannya

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
01 August 2022 08:20
FILE PHOTO: The PayPal app logo seen on a mobile phone in this illustration photo October 16, 2017.   REUTERS/Thomas White/Illustration/File Photo Foto: Paypal. REUTERS/Thomas White/Illustration/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka kembali sementara akses PayPal yang sempat diblokir karena belum melakukan pendaftaran sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Lantas apa alasan Kominfo membuka blokir Paypal untuk sementara waktu?

Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan alasan pembukaan sementara kembali layanan yang diblokir tersebut karena banyaknya masukan dari berbagai pihak.


Apalagi layanan keuangan ini banyak digunakan oleh masyarakat.

"Kami sudah memberikan kebijakan baru yang mana kami sudah membuka sementara [situs web Paypal], per Minggu, [31/7/2022] jam 8 pagi. Mungkin sekarang pun sudah bisa diakses kembali paling lambat jam 10," katanya dalam konferensi pers secara virtual, dikutip Senin (1/8/2022).

Oleh sebab itu, ia pun berharap masyarakat yang menggunakan layanan keuangan ini dapat segera memindahkan dana yang mereka miliki ke tempat lain. Adapun pemerintah memberikan waktu lima hari kerja untuk pembukaan akses sementara ini, mulai hari ini, Senin hingga Jumat (5/8)

"Saya harapkan masyarakat memanfaatkan waktu yang telah diberikan pemerintah 5 hari kerja. Manfaatkan itu untuk migrasi sudah banyak aplikasi yang digunakan. Kita sudah punya layanan layanan digital untuk pembayaran. Silahkan migrasi sistem pembayaran yang digunakan," pungkasnya

Diketahui pada Sabtu (30/7/2022), akses PayPal dan sejumlah situs termasuk gim populer seperti Steam, Epic Game dan Origin diblokir oleh Kominfo. Hal tersebut dikarenakan situs-situs tersebut belum melakukan pendaftaran sebagai PSE di Indonesia.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mobile Legends-PUBG & Roblox Lagi Ketar-ketir di RI, Ada Apa?


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading