Internasional

Melunak, Huawei Bersedia Jual Chip 5G ke Apple iPhone

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
15 April 2019 10:10
Melunak, Huawei Bersedia Jual Chip 5G ke Apple iPhone Foto: Huawei (REUTERS/Aly Song)
Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen Huawei Technologies membuka opsi untuk menjual chip 5G kepada para kompetitor termasuk pesaing utamanya Apple Inc. Hal ini dianggap sebagai arah perubahan arah pemikiran perusahaan.

Huawei merupakan salah satu perusahaan yang pertama kali mengembangkan teknologi 5G. Huawei sekarang sedang gencar menanamkan chip 5G pada ponsel produksi sendiri demi mencapai target sebagai produsen smartphone dengan pengiriman terbesar di dunia. Sekarang ini posisi puncak diduduki Samsung Electronics.

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC International yang disiarkan Senin (15/4/2019), pendiri dan CEO Huawei Ren Zhengfei mengatakan perusahaan akan mempertimbangkan menjual chip 5G-nya ke pembuat smartphone lain termasuk Apple.


"Kami terbuka untuk Apple dalam hal ini," kata Ren, seperti dikutip, Senin (15/4/2019).

Melunak, Huawei Bersedia Jual Chip 5G ke Apple iPhoneFoto: Pendiri dan CEO Huawei, Ren Zhengfei (AP Photo/Vincent Yu)

Apple belum merilis perangkat yang mampu mendukung 5G. Perusahaan ini sebelumnya menggunakan modem dari Qualcomm dan Intel untuk iPhone. Apple dan Qualcomm sedang berperang di pengadilan terkait dengan masalah paten.

Qualcomm memiliki modem yang dapat mendukung 5G, sementara produk Intel belum akan masuk ke pasar hingga tahun 2020. Itu berarti Huawei bisa menjadi alternatif yang layak jika Apple ingin merilis ponsel siap-5G tahun ini.


Apple menolak berkomentar saat dihubungi oleh CNBC.

Namun, Huawei menghadapi tekanan politik yang sangat besar, terutama dari Amerika Serikat, yang mengatakan perusahaan itu merupakan ancaman risiko keamanan nasional karena dapat membantu pemerintah China memata-matai negara lain.

Huawei berulang kali membantah tuduhan itu. Saat ini, ponsel Huawei tidak dijual olej operator telekomunikasi utama di AS, sehingga penjualan ponsel Huawei sangat kecil di AS.

Bisnis konsumen jadi divisi yang terbesar di Huawei pada 2018, menyusul bisnis inti jaringannya. Huawei merilis smartphone merek Huawei pertamanya pada tahun 2010.

Simak video Era Jaya yang ingin bawa ponsel 5G ke Indonesia di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading