Perkembangan Teknologi

Prabowo Sebut Unicorn Bisa Bikin Uang RI Kabur, Caranya?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
19 February 2019 19:49
Prabowo Sebut Unicorn Bisa Bikin Uang RI Kabur, Caranya?
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam debat calon presiden (Capres) yang berlangsung Minggu (17/2/2019), capres nomor 02 Prabowo Subianto melontarkan pernyataan yang menyebut keberadaan startup unicorn bisa mempercepat keluarnya uang Indonesia ke luar negeri.

"Jadi kalau ada unicorn saya khawatir mempercepat membuat uang-uang kita lari ke luar negeri. Silakan anda ketawa tapi ini masalah bangsa. Menteri bapak sendiri mengatakan bahwa ada Rp 400 triliun uang Indonesia di luar negeri," ujarnya.

Prabowo mengaku tidak pesimis terhadap perkembangan teknologi termasuk perusahaan startup. Hanya, tuturnya, kalau tidak hati-hati maka ini bisa berdampak negatif terhadap Indonesia.


"Bukan saya pesimistis saya ingin menggugah kesadaran bahwa sistem sekarang ini memungkinkan uang kita mengalir ke luar negeri," ujarnya.

Lalu bagaimana startup unicorn ini bisa mempercepat keluarnya uang-uang dalam negeri ke luar negeri?

Executive Director Indonesia ICT Institute Heru Sutadi mengatakan dana yang dihimpun startup unicorn saat ini akan digunakan untuk mengembangkan ekosistem dan bisnis yang mereka geluti.

Startup butuh segera merealisasikan rencana bisnis agar ide pengembangan tidak diambil atau lebih dulu digarap oleh startup lain.

Prabowo Sebut Unicorn Bisa Bikin Uang RI Kabur, Caranya?Foto: Aristya Rahadian Krisabella

Heru Sutadi menambahkan investor asing di unicorn bisa menjadi membawa keluar dana dari Indonesia dalam bentuk dividen. Hal ini sudah lumrah dilakukan perusahaan asing yang menjadi investor di perusahaan domestik.

"Tetapi harap diingat tidak banyak startup yang mau cepat-cepat mencetak untung. Mereka lebih memilih untuk merugi dalam jangka waktu yang lama demi menguasai pasar. Demi bertahan hidup mereka mengharapkan suntikan dana investor dengan menjual nilai masa depan bisnisnya," jelas Heru Sutadi.

"Dividen dibagikan bila perusahaan mencetak laba. Investor asing membawa dividen ke luar negeri setelah pembagian sudah lazim terjadi."

Saksikan video debat capres ketika Prabowo Subianto bicara soal startup unicorn di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading