Internasional

Jerman Janji Tak Blokir Huawei, Asal Tak Langgar Aturan Ini

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
05 February 2019 20:17
Jerman Janji Tak Blokir Huawei, Asal Tak Langgar Aturan Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan pada hari ini (5/2/2019) Jerman membutuhkan jaminan bahwa Huawei Technologies tidak akan menyerahkan data ke China agar raksasa teknologi asal Tiongkok ini bisa berpartisipasi dalam membangun jaringan 5G.

Merkel, dalam kunjungannya ke Jepang, mengatakan masalah keamanan penting bagi Jerman dan perlu berkomunikasi dengan pemerintah China sehingga "perusahaan tidak hanya menyerahkan data ke negara."


Merkel menambahkan untuk menjaga keamanan negara penting bagi semua Huawei untuk mmemperjelaskan posisinya dan China tidak dapat mengakses semua data dalam produk-produk China, seperti dikutip dari Reuters.


Saat ini bisnis Huawei sedang terganggu karena masalah politik. Sejumlah negara melakukan pengawasan yang ketat dengan berbagai syarat yang berat karena adanya kecurigaan kedekatan perusahaan dengan pemerintah China dan Beijung menggunakan teknologi Huawei untuk memata-matai negara lain.

Foto: Huawei (REUTERS/Aly Song)

Kedekatan dengan pemerintah dan spionase China sudah dibantah oleh manajemen dan pendiri Huawei, namun beberapa negara tetap memblokir perangkat Huawei.

Pemerintah Jerman belum mencapai sikap bersama mengenai apakah akan mengikuti negara lain dalam mengeluarkan Huawei dari pasarnya dengan alasan keamanan nasional.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading