10 Tahun Bitcoin

Teknologi Super Canggih Bitcoin yang Mengubah Sejarah!

Fintech - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
03 November 2018 14:50
Teknologi Super Canggih Bitcoin yang Mengubah Sejarah!
Jakarta, CNBC Indonesia - Di balik pria sukses, pasti ada wanita di belakangnya. Tapi kali ini, Di balik fenomena Bitcoin, ada Blockchain di belakangnya.

Bitcoin sudah 10 tahun eksis di dunia ini. Cryptocurrency pertama di dunia tersebut menggunakan sistem yang cukup canggih dalam transaksinya.

Tak susah mengartikan Blockchain. Seperti ini kira-kira :


Bayangkanlah sebuah situasi seperti ini: Anda memiliki anak atau adik di luar negeri yang sedang menempuh studi. Tiba-tiba dia sakit parah, uangnya tidak cukup untuk pergi ke rumah sakit dan menemui dokter. Apa yang akan anda lakukan? Tentu anda akan pergi ke bank untuk mengirimkan sejumlah dana agar anak atau adik anda bisa pergi ke dokter.

Semua orang tahu bahwa proses pengiriman uang via bank ke luar negeri mahal biayanya. Bank akan memeriksa apakah bank yang dituju adalah mitra atau koresponden atau tidak. Jika ternyata bank tempat anda mengirim dana tidak mengenal bank tujuan, maka bank harus mencari bank lain sebagai perantara. Dana yang anda kirim itu bisa jadi dipotong di setiap titik sebagai komisi. Sudah begitu, sampainya lama pula, bisa dua sampai tiga hari. Mau sampai pada hari yang sama? Bayar lagi, dan itu mahal sekali.

Hal tersebut terjadi karena antara bank di seluruh dunia tidak terhubung melalui protokol yang sama, sehingga tidak ada cara memastikan kebenaran transaksi yang dilakukan antara satu bank dengan bank lainnya selama tidak ada jalinan hubungan langsung. Hal yang sama pada tingkatan yang lebih tidak kompleks juga terjadi di dalam hubungan antar bank di dalam negeri, dalam kegiatan sistem kliring nasional misalnya.

Pertanyaannya kemudian, tidak adakah cara untuk membuat seluruh sistem perbankan di dunia terhubung dalam satu jaringan besar dimana setiap bank bisa bermitra atau bertransaksi dengan bank lainnya tanpa proses pengenalan yang rumit, dan mempercepat proses transaksi orang-orang yang ingin mengirimkan uang dari satu bank ke bank lainnya?

Jawaban atas mimpi tersebut ada dalam teknologi blockchain, suatu teknologi berdasarkan jaringan peer to peer yang terdesentralisasi, efisien, dan aman karena dilindungi oleh algoritma kriptografi yang kuat. Blockchain di dalam dunia perbankan memungkinkan setiap bank yang menerapkan teknologi ini untuk dapat memverifikasi identitas bank yang menjadi lawan transaksi, melihat pembukuan dan histori transaksi secara terbuka, dan memungkinkan perpindahan dana secara cepat.

Penjelasan singkat tentang Blockchain itu ditulis langsung oleh Pandu Sastrowardoyo. Sekjen Asosiasi Blockchain Indonesia ini bercerita langsung kepada CNBC Indonesia.

"Investasi yang dibutuhkan untuk mewujudkan sistem blockchain untuk menyatukan seluruh institusi perbankan di dunia tersebut pun cukup efektif, karena sistemnya yang terdesentralisasi dan tidak membutuhkan satu server atau data center terpusat untuk bertindak sebagai lembaga kliring bagi seluruh transaksi," kata Pandu yang juga Board of Director dari Blockchain Zoo, Perusahaan konsultan IT berbasis Blockchain.

Ia mengatakan bank tidak perlu mengeluarkan biaya investasi IT yang besar karena bisa dilakukan partnership atau kerja sama langsung. Selama ini bank terbebani penambahan dan penggantian server baru setiap tahunnya, atau mempekerjakan tim IT support dan tim operasional yang besar jumlahnya seperti saat ini.

"Blockchain membuat sekelompok bank yang memiliki kepentingan sama yang saling bersaing jadi mampu bekerja sama. Hal ini sebelumnya tidak dapat dilakukan ketika mereka memakai sistem tradisional IT,"paparnya.

Teknologi Super Canggih Bitcoin yang Mengubah Sejarah!Foto: Doc CNN


Karena dalam arsitektur traditional IT harus selalu ada server central yang bertindak sebagai single point of truth. Dengan blockchain hal itu tidak perlu terjadi karena masing masing bank akan memiliki status yang sama.

"Tidak ada bank yang lebih tinggi dari yang lain, dan bank yang bisa melakukan tempering terhadap data. Karena teknologi peer to peer dalam blockchain menyebabkan tiap nodes memiliki kemampuan yang sama dan tidak ada nodes yang dapat menguasai nodes lainnya, semua keputusan dilakukan atas dasar konsensus," kata Dia.

"Inilah kekuatan utama dari blockchain yaitu dari kemampuan mendistribusikan kepercayaan di dalam sebuah sistem IT," terang Pandu yang kerap menjadi pembicara di event OJK (Otoritas Jasa Keuangan) ini.

Teknologi Super Canggih Bitcoin yang Mengubah Sejarah!Foto: Kantor BlockchainZoo


Menurut Pandu, Blockchain ini lebih canggih lagi karena tidak lagi diperlukan suatu sistem gerbang pembayaran atau transaksi nasional maupun internasional yang menggantungkan seluruh pertukaran data hanya pada satu sistem yang disediakan oleh bank, acquirer, atau perusahaan penyedia.

"Artinya, biaya transaksi akan lebih murah lagi karena hilangnya middleman alias perantara yang memastikan data transaksi bisa dipertukarkan antar bank pemilik transaksi," terangnya.

Seluruh data selalu hidup dan disebarkan kepada seluruh peserta dalam sistem blockchain, sehingga meningkatkan keandalan data karena tidak tergantung pada satu penyedia saja yang membutuhkan biaya investasi sekunder seperti sistem DRC (Disaster Recovery Center) untuk mendukung keandalan operasi. Andaikan satu node milik bank mengalami kegagalan, tidak ada yang perlu dikuatirkan. Ia akan menerima data terbaru ketika hidup dan bergabung kembali.

Satuan informasi yang diterima dan dikirimkan dapat dianggap sebagai suatu 'mata uang' baru yang disepakati nilainya oleh setiap bank, dan ini merupakan suatu peluang bisnis tresuri baru bagi setiap bank-bank pesertanya, dan melepaskan ketergantungan bank dari satu mata uang yang paling dominan sekaligus dapat melakukan lindung nilai atas mata uang asli yang digunakan.

"Saya percaya Blockchain adalah teknologi yang memiliki value yang lebih besar dari sekedar cryptocurrency. Blockchain adalah sebuah teknologi yang dapat diaplikasikan dalam banyak sekali kasus bisnis," papar Dia.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading