Menteri Teten Optimis Kontribusi Ekspor UMKM 17% di 2024

Entrepreneur - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
15 December 2022 15:34
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) kembali menyelenggarakan UMKM  EXPO(RT) BRILianpreneur 2022 dengan tema 'Bring MSME's Indonesia to The World'. Sejak dilakukan pada 2019, ajang ini menargetkan lebih banyak pelaku UMKM yang siap memperluas pasar ke perdagangan internasional sekaligus masuk rantai pasok global di setiap tahunnya. (Dok. BRI) Foto: Opening Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022 Kamis (15/12/2022). (Dok. BRI)

Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki optimis target kontribusi ekspor UMKM mencapai 17% pada 2024. Untuk mencapai target itu kata Teten diperlukan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan.

"Kalau kita fokus memang seperti ini. Target kita untuk di 2024 itu 17% ekspor UMKM bisa tercapai. Ini yang sekiranya diperlukan kolaborasi antara Bea Cukai, lembaga pembiayaan seperti BRI, dan standarisasi produk,"kata dia dalam Opening Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022, Kamis (15/12/2022).

Menurut Teten, salah satu upaya kolaborasi telah dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) melalui penyelenggaraan UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022. Adapun dia menegaskan bahwa tahun ini, UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur menunjukkan kemajuan.

"Kenapa ini kami lihat sebagai satu langkah yang bagus? Karena memang betul-betul fokus menggarap,mendampingi, mengkurasi UMKM yang punya potensi potensi produknya dan permintaan dunianya ada," ungkap dia.

Lebih lanjut dalam mendorong ekspor UMKM, Teten mengaku pihaknya memberikan dukungan dengan menyiapkan ekosistem dan kebijakan.

"Dan ini juga saya kira peran dari BRI, kami diberi tugas oleh presiden. Tiga Kementerian. Saya (Kementerian Koperasi dan UKM), Erick Thohir (Kementerian BUMN), dan Sandiaga Uno (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), dan Menteri Dalam Negeri untuk menyiapkan dari usaha mikro naik dari kecil, naik terus," jelas Teten.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jurus Produk UMKM Laris Manis: Buat Kemasan yang Mengesankan


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading