Diaspora Ini Ungkap Tantangan Pasarkan Produk RI di Hong Kong

Entrepreneur - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
27 April 2022 18:14
Diaspora Pengusaha di Hongkong, Sarinah. (Tangkapan layar CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Diaspora asal Indonesia tersebar ke berbagai negara dan memiliki berbagai profesi yang berperan besar pada perekonomian. Dari berbagai data mengungkapkan sebagian diaspora adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI), pengusaha, hingga pelajar yang memerlukan akses keuangan.

Diaspora di luar negeri pun banyak yang merintis usaha karena besarnya potensi pasar, dan mengharumkan nama Indonesia. Namun membangun usaha di negara lain bukanlah hal yang mudah dan memiliki berbagai tantangan.

Sarinah, Diaspora Pengusaha di Hong Kong mengisahkan, secara populasi negara tersebut tidak terlalu besar dan memiliki banyak PMI. Hal ini pun melahirkan berbagai peluang yang bisa digarap. Di sisi lain, banyak pula tantangan yang harus dihadapi.


"Kami bersyukur beberapa tahun ini Indonesia maju pesat, jadi bisnis saya lebih gampang, tantangan saya harus cari produk lebih banyak dan membaca keinginan kustomer, dana apa yang sedang naik daun di Indonesia untuk bisa dibawa ke Hong Kong," jelas Sarinah dalam Webinar BNI Global Diaspora Week bersama CNBC Indonesia, Rabu (27/4/2022).

Dia berupaya berusaha mengembangkan produk dan juga target pasar lokal Hong Kong. Hanya saja, hal ini juga tidak mudah karena ada beberapa regulasi terkait produk yang harus diikuti apabila mau masuk pasar Hong Kong. Misalnya saja, terkait pemanis buatan dan kandungan gizi pada produk makanan.

Sarinah merinci, masih banyak produk yang belum memperhatikan hal ini, sehingga Sarinah harus melakukan riset dan juga packing ulang. Untungnya PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) cukup membantu dalam memperbesar usaha yang dijalankan Sarinah hingga saat ini.

"Pembiayaan kerja sama remitansi dan business matching sungguh membantu kami, belum lagi mencari produk Indonesia jadi lebih gampang. Selama ini sudah banyak yg sukses melakukan ini, jadi kami bisa memperbanyak jenis produk dan didistribusikan," jelas Sarinah.

BNI melengkapi ekosistem bagi diaspora yakni BNI XPora yang mendukung UMKM untuk menembus pasar ekspor. Kemudian bagi pekerja migran Indonesia, BNI pun melakukan kerja sama dengan ketenagakerjaan agar bisa terjangkau.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kebakaran Tak Halangi UMKM Ini Bangkit & Capai Kesuksesan


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading