Coffee Shop Indonesia Sukses di Negeri Sakura Berkat Ini

Entrepreneur - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
27 April 2022 18:13
Diaspora Pengusaha di Tokyo, Jepang, Kenny Erawan Tjahyadi. (Tangkapan layar CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyaknya sebaran diaspora Indonesia yang berada di luar negeri membuka potensi market global yang besar untuk bisnis dan produk UMKM Indonesia. Salah satunya adalah usaha coffee shop Kopi Kalyan yang berada di prefektur Tokyo, Jepang. 

Bisnis tempat ngopi tersebut dimiliki oleh diaspora pengusaha Indonesia yang berada di Tokyo, Jepang, Kenny Erawan Tjahyadi. Lokalisasi produk dikatakan Kenny menjadi strategi yang sangat penting untuk mengenalkan kopi Indonesia. Hal itu seperti menyesuaikan atau mengadaptasi desain, rasa, dan packaging produk supaya bisa sesuai dengan pasar Jepang

"Kami juga melihat kesempatan ini di pandemi ini karena banyak perusahaan trading Jepang yang baru mulai menjual atau berhenti menjual kopi. Jadi di situ kami lihat kesempatan untuk masuk ke pasar ini, kami mencoba mulai rambah ke retail atau b2b dan sebagainya," jelasnya dalam BNI Global Diaspora Week, Rabu (27/4/2022).


Dalam mengembangkan usahanya, Kenny mendapatkan dukungan berbagai pihak, seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, yang memberikan masukan dan dukungan. Kenny juga mendapatkan dukungan dari kerja sama KBRI serta BNI dalam mendukung ekspor kopi.

Kenny mengungkapkan, sinergi pemerintah dan BNI yang dilakukan adalah seperti mengadakan berbagai acara untuk business matching dan berbagai acara meet and greet. Dari situ, dirinya dapat berhubungan langsung dengan diaspora-diaspora di Tokyo, dan mendapat masukan untuk menjalankan usaha.

Dia mengungkapkan, sebelumnya kopi-kopi Indonesia yang dikenal di Tokyo hanya Mandailing dan Toraja saja. Namun setelah diadakan berbagai macam event, warga Tokyo mulai mengenal lebih banyak kopi-kopi Indonesia lainnya.

"Di coffee shop kami, kami juga menjual beberapa jenis kopi dengan dan responnya cukup positif. Image mereka terhadap kopi Indonesia banyak berubah, mereka mengatakan kopi Indonesia lebih clean-cut, rasanya lebih terasa. Kami juga berusaha untuk sambil mengedukasi tentang Indonesia, membagikan informasi terkait topik tersebut," ujar Kenny.

Dari business matching pula, dirinya menjalin kerja sama dengan network baru. Dia pun berterima kasih kepada KBRI dan juga BNI yang mendukung karena memberikan usahanya kesempatan berkembang lebih lanjut untuk memperluas jaringan gerai.

Ke depannya, Kenny berharap BNI selalu bisa menjadi business hub untuk UMKM dan juga memberikan arahan lebih lanjut untuk para diaspora karena dia merasa profesional-profesional di BNI bisa memberikan arahan yang tertuju.

"Kami tadinya sebagai UMKM yang kecil tidak bisa mendapatkan dukungan, tapi dengan interaksi dan arahan itu saya sangat merasakan sekali," pungkas Kenny.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dukung UMKM Perempuan, BNI Luncurkan Sahabat Ibuprenuer


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading