bank bjb Aktif Dukung Program Petani Milenial

Entrepreneur - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
24 March 2022 19:00
bank bjb turut dalam inaugurasi Program Petani Milenial di IPB.

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) terus mendukung Program Petani Milenial. Hal ini terwujud lewat inagurasi Petani Milenial di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Kamis (24/3/2022). Ini dilakukan sebagai milestone perwujudan rumah besar Program Petani Milenial. 

Direktur Komersial dan UMKM bank bjb, Nancy Adistyasari mengatakan, bank bjb senantiasa menjadi mitra strategi dalam mendukung berbagai program yang dijalankan Pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

"bank bjb akan selalu hadir mendukung penuh program Petani Milenial yang merupakan program unggulan Pemda Provinsi Jabar," ujar Nancy dalam keterangan tertulis, Kamis (24/3/2022).


Dia menambahkan, bank bjb menyalurkan kredit bagi Petani Milenial melalui 2 skema yaitu Direct dan Closed Loop. Skema Direct memberikan penyaluran kredit secara langsung pada petani yang feasible dan bankable serta memiliki pengalaman mumpuni di bidang pertanian.

Sedangkan skema Closed Loop memberikan penyaluran kredit dengan skema kemitraan dimana petani berbudidaya sesuai dengan pasar yang tersedia dari offtaker. Petani akan memperoleh pendampingan dari offtaker selama budidaya dan hasil panen akan langsung dibeli offtaker yang berperan sebagai avalist, baik untuk kreditnya maupun hasil panennya. 

Adapun komoditas yang termasuk dalam Program Petani Milenial di antaranya :

· Tanaman Pangan : padi, jagung, ubi jalar, sorgum, kacang tanah, kedelai.

· Hortikultura : tanaman hias, ginseng.

· Perkebunan : gula aren, kopi, cengkeh, tebu, tembakau, karet, lada, vanili, teh.

· Kehutanan : lebah madu, jamur kayu.

· Peternakan : burung puyuh, ayam, kelinci, sapi dan domba.

· Perikanan : nila, lele, udang vaname.

Dalam program ini, bank bjb memberikan bantuan modal kepada Petani Milenial melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Besaran kredit ini tergantung RKU (Rencana Kerja Usaha) atau bisnis plan yang disampaikan oleh petani atau offtaker.

Lebih lanjut, bank bjb juga menyediakan layanan perbankan dan perencanaan keuangan bagi para petani milenial, serta menyediakan ID Card yang berfungsi sebagai ATM bagi para petani milenial (ATM Co-Branding).

"bank bjb setia mendukung Petani Milenial di mana pada akhirnya seperti yang diharapkan oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil yaitu meski tinggal di desa tapi rezeki kota dan bisnis mendunia," tukas Nancy.

Sebagai informasi, Petani Milenial merupakan program unggulan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui permodalan dan pemberdayaan, serta telah diluncurkan sejak Maret 2021.

Program ini diinisiasi demi menjawab persoalan di sektor pertanian melalui permodalan dan pemberdayaan dengan menggandeng milenial, mitra petani muda dan pemangku kepentingan Jawa Barat dalam kolaborasi Pentahelix (kolaborasi Pemerintah, Kampus, Pengusaha, Komunitas dan Media).


[Gambas:Video CNBC]

(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading