Jangan Asal Buka Usaha, Ini Tips Belajar Bisnis untuk Pemula

Entrepreneur - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
09 December 2021 11:37
Ilustrasi makanan ringan. (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Berbisnis memang merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Namun, membuka bisnis untuk pemula mungkin tidak akan semudah yang dibicarakan. Berbagai risiko bisa menghantui Anda.

Jadi, ilmu dan mental sangat amat dibutuhkan ketika Anda ingin memulai bisnis agar bisa terhindar dan menyelesaikan masalah-masalah yang hadir ketika sedang berbisnis. Seorang pebisnis dituntut untuk memiliki mental yang kuat dan optimis agar bisnisnya dapat berkembang.

Tips belajar bisnis untuk pemula

Tidak semua orang harus memiliki jiwa wirausaha atau bisnis. Tetapi, berbisnis memang akan sangat menguntungkan apabila Anda bisa terus berkembang dan berinovasi. Bagi Anda yang akan membuka bisnis, ada beberapa tips belajar bisnis untuk pemula yang akan merakit usahanya. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Bisa Mulai Dari Bisnis Kecil

Jika Anda masih takut untuk membuka usaha bisnis, silahkan coba membuka bisnis kecil-kecilan seperti menjadi reseller, jual baju online dan sebagainya. Anda akan mulai paham dan dipaksa untuk belajar mengelola bisnis kecil-kecilan tersebut untuk bisa peka terhadap kebutuhan pasar.

Tidak ada kesuksesan bisnis yang instan. Setidaknya para pelaku bisnis sama-sama harus mengorbankan waktu, tenaga, hati sampai dengan uang untuk bisa bertahan dan mengembangkan bisnisnya.

Jadi, tidak ada salahnya memulai untuk membuka bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Di sini Anda bisa memupuk wawasan dan mencari jaringan seluas-luasnya.

2. Harus Memiliki Wawasan Tentang Bisnis

Belajar bukan hanya sekedar saat sekolah saja. Belajar juga bisa dilakukan kapan pun dimana pun dan melalui media apa pun itu. Sama halnya ketika Anda ingin merintis buka usaha bisnis, Anda tetap harus memiliki pengetahuan di bidang tersebut.

Apalagi di era teknologi saat ini, Anda bisa mengakses ilmu bisnis melalui artikel, podcast, video YouTube dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk tetap membaca buku agar membuka jendela pengetahuan Anda semakin luas.

Ada banyak memang buku yang ditujukkan untu para pebisnis. Namun, ada beberapa di antaranya yang dijadikan pedoman bagi para pelaku bisnis yang masih pemula seperti berikut ini:

Rich and Poor Dad oleh Robert Kiyosaki

Think Rich and Grow Rich oleh Napoleon Hill

How to Win Friends and Influence People oleh Dale Carnegie

3. Asah Pola Pikir Pengusaha

Pola pikir menjadi aspek penting ibarat salah satu kunci yang bisa membuka pintu kesuksesan bagi para pebisnis. Tertera pada buku Mindset karya Carol Susan Dweck, bahwa ada dua jenis mindset. Yakni fixed mindset dan growth mindset.

Mereka yang memiliki fixed mindset akan cenderung menilai hasil akhir sebagai tolak ukur keberhasilan yang akan mencerminkan identitas diri. Mereka meyakini bahwa keahlian dan keterampilan seseorang merupakan bawaan yang menetap dan tidak bisa diubah. Orang yang memiliki tipe fixed mindset cenderung akan sulit untuk menerima kegagalan.

Selain itu, tipe orang yang memiliki growth mindset biasanya percaya bahwa kemampuan dapat dikembangkan melalui hasil dedikasi dan kerja keras. Orang yang memiliki pola pikir ini cenderung menghargai proses daripada hanya melihat berdasarkan hasil akhir saja. Mereka lebih menerima tantangan dan akan melihatnya sebagai peluang untuk terus berkembang.

Seorang pengusaha atau pebisnis harus memiliki growth mindset untuk bisa berkembang. Meyakini bahwa semua tidak akan mustahil dan terus mencari peluang untuk tetap berkembang lebih baik lagi.

4. Melakukan Penelitian Bisnis

Penelitian bisnis dilakukan agar Anda lebih mengenal konsumen dan bisnis yang akan Anda geluti. Membuka dan memproduksi barang yang memang dibutuhkan oleh masyarakat tentunya memiliki peluang lebih besar untuk dicari-cari konsumen.

Anda bisa melakukan penelitian bisnis baik secara online atau terjun langsung ke lapangan. Dengan begitu Anda bisa langsung mencari data yang dibutuhkan untuk membantu Anda membuat konsep desain produk dan teknik pemasaran yang memang cocok digunakan.

5. Perluas Circle Pertemanan dengan Pebisnis

Bukan hanya di bidang bisnis saja, memperluas jaringan pertemanan itu memang sangatlah penting. Sehingga Anda bisa melihat peluang baru, mempelajari sesuatu dari orang tersebut seperti bagaimana mereka mengelola bisnis, menyelesaikan masalah dan mengelola keuangan.

Anda bisa mulai berteman dengan para pebisnis pemula yang ada di sekitar Anda. Setelah itu, silangkan memperluas lingkaran pertemanan melalui jejaring sosial atau sebagainya.

6. Mengikuti Seminar Kewirausahaan

Untuk memperluas pengetahuan Anda mengenai bisnis, Anda bisa mengikuti acara-acara seminar yang dilakukan secara offline maupun webinar (online). Ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan ilmu dari pebisnis handal yang sudah profesional.

Sebagai pemula, ada beberapa kesalahan yang sering terjadi dan dilakukan secara tidak sadar. Seperti terlalu cepat mengembangkan bisnis, terlalu tinggi menggaji karyawan, tidak mengelola uang dengan baik dan benar sehingga mencampurkan uang bisnis dengan uang pribadi, tidak percaya diri, tidak memiliki strategi pemasaran yang jelas dan masih ada lagi yang lainnya.

7. Tentukan Modal Bisnis dan Harga Jual

Jika ilmu yang Anda miliki sudah cukup mumpuni dan ingin segera membuka usaha bisnis, pastikan Anda bisa menentukan modal awal bisnis tersebut hingga menentukan layanan yang lebih cocok. Jangan lupa untuk menentukan target pasar agar Anda bisa memastikan harga jual dari barang tersebut.

Menentukan harga jual produk bisa dilakukan dengan cara merujuk pada harga pasaran, daya beli konsumen sampai dengan melihat harga jual kompetitor.

8. Memahami Cara Mendapatkan dan Mempertahankan Konsumen

Terakhir, pelajari cara untuk mendapatkan konsumen yang tepat untuk bisnis Anda. Seperti misal barang yang Anda jual adalah aksesoris maka target konsumen Anda adalah perempuan atau anak-anak.

Selain itu, penting juga tips bisnis untuk pemula bisa mempertahankan konsumennya agar terus memilih membeli barang di usaha bisnis Anda. Bisa dengan mendengar keluhan mereka, meminta penilaian mereka dan tentunya dengan melayani mereka sebaik mungkin.

Demikian ulasan mengenai tips belajar bisnis untuk pemula. Pada dasarnya, seorang pebisnis memang harus memiliki mental yang kuat dan pemikiran kreatif penuh inovasi untuk terus mengembangkan bisnisnya.



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading