10 Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar, Dijamin Laris Manis!

Entrepreneur - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
25 November 2021 18:00
Pekerja saat menyetrika pakaian laundry di tempat  jasa cuci setrika  pakaian Jakarta, Rabu (20/6). Tingginyan kebutuhan akan mencuci dan menyetrika pakaian di saat libur lebaran atau Idul Fitri membuat berbagai usaha Laundry kebanjiran order jasa mencuci dan menyetrika hingga 90% ketimbang hari biasa. Dalam sehari laundry mampu menampung hingga ratusan kilo pakaian. Menurut pegawai laundry, musim libur panjang ini juga membuat jasa laundry mampu meraih untung hingga 5 juta dalam 2 hari. Jasa laundry menjadi alternatif membantu menyelesaikan pekerjaan rumah, apalagi saat bulan libur lebaran. Karena banyak dari mereka yang memiliki asisten rumah tangga belum pulang dari kampung halaman. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki bisnis dengan modal kecil saat ini tidak lagi sulit. Apalagi di era teknologi dan media sosial yang sudah merabah. Peluang untuk mendapatkan keuntungan besar semakin terbuka lebar.

Akan tetapi, untuk menjalankan bisnis sangat diperlukan mental dan konsep yang matang. Jangan sampai usaha modal kecil yang Anda jalankan bukannya untung malah buntung.

Di era serba digital seperti saat ini, seharusnya Anda sudah diberikan kemudahan untuk memasarkan produk dan memperluas jangkauan dagangan tanpa harus modal besar.

Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar

Jika Anda masih bingung menentukan usaha dengan modal kecil tapi menguntungkan, artikel ini akan memberikan Anda rangkuman mengenai beberapa jenis bisnis yang bisa Anda jalankan dengan modal kecil. Tentunya dengan peluang keuntungan yang besar.

1. Bisnis Laundry Kiloan

Sudah banyak orang-orang yang memilih untuk membayar jasa orang lain untuk mencuci karena dinilai lebih praktis. Apalagi jika Anda tinggal di lingkungan kost-kostan. Usaha laundry kiloan menjadi angin segar untuk meraup keuntungan besar.

Sudah banyak penawaran paket usaha laundry kiloan yang rata-rata hanya memerlukan modal awal kisaran Rp 5 juta. Itu pun masih sangat bisa disesuaikan lagi.

2. Usaha Jahit Pakaian

Memiliki skill tertentu memang merupakan anugerah. Dengan kemampuan-kemampuan tertentu seperti menjahit contohnya, sangat bisa dimanfaatkan untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya.

Tentunya di sini Anda harus memiliki skill menjahit yang memang bagus sehingga dipercaya oleh banyak konsumen.

3. Jasa Penerjemah

Memiliki kemampuan berbahasa asing bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis dengan keuntungan besar. Dengan menjadi penerjemah, Anda tidak harus mengeluarkan modal besar. Hanya bermodalkan dengan skill yang Anda miliki, Anda sudah bisa mengambil keuntungan.

4. Buka Bisnis Fashion

Berbisnis di bidang fashion bisa dikatakan tidak akan ada matinya. Karena pakaian yang digunakan orang-orang merupakan kebutuhan pokok yang akan selalu dipenuhi. Selain itu, fashion bisa melambangkan gaya hidup seseorang.

Apalagi saat ini sedang tren bisnis thrift shop yang tidak mengharuskan Anda mengeluarkan modal besar. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menjadi wadah tempat buka usaha. Jadi Anda sudah menghemat pengeluaran sewa toko karena bisa memasarkannya langsung lewat media sosial.

5. Usaha Camilan atau Makanan Ringan

Camilan atau makanan ringan banyak diminati mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Tidak perlu harus menciptakan camilan dengan bahan-bahan yang mahal. Bermodal dengan bahan-bahan seperti kentang, singkong dan bahan murah lainnya saja sudah bisa memberikan keuntungan besar.

6. Ikut Affiliate Marketing

Usaha modal kecil yang lagi hits saat ini adalah ikut program affiliate. Dimana Anda akan mempromosikan barang dagangan orang lain yang ada di marketplace di akun media sosial Anda.

Jika ada orang yang tertarik dan membeli barang tersebut dari link yang Anda bagikan, Anda akan mendapat keuntungan. Apalagi jika Anda memiliki modal pengikut yang cukup banyak di media sosial, tentu ini menjadi peluang besar untuk mendapat keuntungan dari program affiliate.

7. Jadi Guru Les

Menjadi guru les tidak membutuhkan modal uang yang besar. Selain bisa mendatangkan keuntungan dari mengajar les, Anda juga bisa memanfaatkan ilmu yang Anda miliki untuk dibagikan kepada orang lain.

8. Usaha Franchise

Bisnis waralaba atau franchise sudah dikenal banyak dan menarik peminat yang banyak juga untuk ikut berwirausaha. Bisnis franchise yang banyak digeluti di Indonesia sendiri berupa makanan, minuman, juah bahan bakar dan lain-lainnya.

Dengan modal kecil dan tempat yang strategis, Anda sudah bisa mendapatkan alat-alat hingga bahan untuk berwirausaha.

9. Usaha Dropshipper

Dropshipper menjadikan Anda sebagai penjual dan pembeli produk sekaligus. Anda akan menerima pesanan dari pelanggan Anda, lalu Anda meneruskan pesanan tersebut ke supplier produk dan barang akan dikirim langsung ke alamat pembeli.

Di sini Anda tidak mengeluarkan modal banyak. Anda hanya perlu memastikan untuk mendapatkan supplier yang terpercaya dan memastikan barang yang akan Anda jual tidak mengecewakan.

10. Buka Jasa Titip atau Jastip

Jasa titip ini bisa dijadikan peluang usaha bermodal kecil dan tetap mendatangkan keuntungan. Anda hanya perlu membelikan barang yang menjadi titipan konsumen. Seperti jasa titip barang dari luar negeri atau dari kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Barang-barang yang banyak diminati saat membuka usaha jastip pada umumnya adalah kecantikan atau kosmetik, pakaian, accesories, barang-barang lucu dan mainan-mainan anak.

Jika Anda ingin membuka usaha jastip, Anda harus memastikan target pasar dan fokus untuk melakukan promosi. Jangan lupa untuk menjaga kepercayaan konsumen agar usaha jastip Anda bisa tetap berjalan dan memiliki untung besar.

Itu dia informasi mengenai usaha modal kecil yang memberikan keuntungan besar. Masih banyak lagi usaha yang bisa Anda jalankan apalagi jika Anda memiliki skill-skill tertentu yang bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan keuntungan.



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading