Shopee Gandeng Gerkatin Solo Buka Pelatihan untuk Teman Tuli

Entrepreneur - yun, CNBC Indonesia
23 September 2021 12:06
Shopee dan Gerkatin Solo, Perkenalkan Bisnis Digital Bagi Teman Tuli di Solo (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Shopee bersama Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu (Gerkatin) Solo menggelar pelatihan untuk teman tuna rungu yang dimulai pada Oktober 2021.

Head of Public Affairs Shopee, Radynal Nataprawira mengatakan, pelatihan yang akan diberikan kepada teman tuli tersebut antara lain bisnis digital dengan didampingi oleh juru bicara bahasa isyarat.

"Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo adalah kampus blue print. Melalui pelatihan, kita berharap kaum difabel masuk ke lini produksi, distribusi dan pemasaran," katanya dalam keterangan persnya secara virtual, Kamis (23/9/2021).


Menurutnya, saat ini ada 247 ribu pengangguran difabel di Indonesia. Mereka ini menurutnya butuh perhatian khusus agar bisa berdaya saing. Sementara itu, Shopee memiliki penjual aktif. Di mana hingga kuartal pertama 2021, jumlahnya sudah mencapai 5 juta penjual online yang tersebar di 515 kota di seluruh Indonesia.

Melalui pelatihan ini, akan menjadi pengenalan terkait landskap bisnis online. Diantaranya juga mengenal psikologi pembeli. Lalu bagaimana cara pengenalan aplikasi Shopee dan penjual, komunitas. Dikatakannya pula bahwa penjual yang berkumpul bisa sharing sukses story. Kemudian selain materi edukasi, bisa juga menggunakan fasilitas dan konsultasi dengan tim.

"Ini merupakan langkah awal. Untuk hal yang besar. Dengan kerjasama Gerkatin dan Shopee bisa memerikan visi misi yang sama dan wadah belajar," katanya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Gerkatin Solo Galih Saputro yang menyebut bahwa teman-teman tuli di seringkali sulit mendapatkan pekerjaan. Apalagi saat pandemi, tak sedikit yang keluar dari tempat kerja, di PHK hingga akhirnya menganggur. Melalui kesempatan pelatihan bersama Shopee, diharapkan bisa membantu teman-teman tuli dalam meningkatkan ilmu dan pengetahuan.

"Saya harap kebutuhan teman tuli bisa meningkat, wawasan bisa terbuka lebih luas sehingga bisa belajar secara full. Fasilitas dan akses sudah baik. Tempat pelatihan akan berada di kampus UMKM Shopee Ekspor Solo. Saya sudah lihat tempatnya, terima kasih dengan shopee sudah berikan layanan ini," pungkasnya.


(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading