Catat! Erick: Pengadaan UMKM Melalui PaDi UMKM Capai Rp10,4 T

Entrepreneur - Monica Wareza, CNBC Indonesia
30 August 2021 18:15
Rapat Kerja Komisi VI DPR RI dengan Menteri BUMN Erick Thohir (Tangkapan Layar Youtube DPR RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan pengadaan UMKM di BUMN-BUMN terus menunjukkan peningkatan. Pengadaan itu dilakukan melalui Pasar Digital UMKM atau yang dikenal dengan sebutan PaDi UMKM.

Dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Senin (30/8/2021), Erick mengungkapkan pandemi Covid-19 telah berdampak kepada UMKM. Untuk itu, Kementerian BUMN memastikan pengadaan antara BUMN dihentikan atau dikurangi.

"Karena kalau tidak memang akan menjadi proses yang sangat tidak terbuka, sedangkan di era transparansi ini kita berharap bahwa pengadaan UMKM yang ada BUMN di BUMN itu bisa terlaksana secara transparan," ujar Erick.



Untuk itu, dia mengungkapkan Kementerian BUMN meluncurkan PaDi UMKM. Tercatat 9.600 UMKM terlibat dengan transaksi sebanyak 130 ribu dengan nilai antara Rp 20 juta sampai Rp 400 juta.

"Hal ini sudah berjalan dan bahkan kita melibatkan tim koperasi (Kemenkop & UKM) untuk menjadi kurasi mengecek apakah ini benar-benar UMKM. Lalu sinergikan dengan Kementerian Investasi agar UMKM terdaftar di OSS yang kemarin diluncurkan," kata Erick.

"Alhamdulillah saya lihat transaksinya cukup besar ini di awal tahun kemarin Rp 800 miliaran tapi terakhir saya lihat kumulatif Agustus ini Rp 10,4 triliun. Itu sudah saya rasa luar biasa," lanjutnya.



(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading