Ini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 17 & Tips Biar Lolos

Entrepreneur - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
06 June 2021 16:05
Presiden Joko Widdo dalam Pengarahan Presiden RI kepada Penerima Kartu Prakerja Tahun 2020-2021, 17 Maret 2021. (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Lukas)

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa lolos kartu Prakerja. Pertama, pastikan semua data-data terisi sesuai KTP dengan mencantumkan nomer ponsel aktif untuk verifikasi. Anda juga harus mengunggah foto KTP dengan benar.

Kedua, dalam pendaftaran Kartu Prakerja, ada beberapa pekerja yang dikecualikan untuk mendaftar, yakni, pejabat negara, Aparatur Sipil Negara (ASN), Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara (BUMN), atau badan usaha milik daerah (BUMD), hingga TNI Polri. Jadi pastikan Anda tidak berada dalam kategori tersebut.

Ketiga, kerjakan tes dengan benar. Sebelum mendaftar untuk mengikuti gelombang seleksi, peminat Kartu Prakerja akan diminta untuk mengerjakan tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang Anda miliki. Daftarkan email Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.


Sebagai informasi, bagi warga yang mengikuti program Kartu Prakerja maka setiap peserta mendapat total dana Rp 3,55 juta. Rincianya Rp 1 juta untuk pelatihan, Rp 2,4 juta untuk insentif atau Rp 600 ribu per bulan yang diberikan selama empat bulan, juga insentif kebekerjaaan sebesar Rp 150 ribu.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading