Milenial Catat! Ini Kunci Sukses dalam Bisnis

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 November 2020 11:53
Hal Yang Didambakan Milenial dan Gen-Z Dalam Bekerja (Dok. BRI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sama seperti generasi lainnya, generasi milenial memiliki sikap, nilai dan ciri khas tersendiri. Dalam mengejar mimpi, para milenial akan mengejar suatu hal ketika mereka memiliki alasan dan tujuan yang kuat termasuk berbisnis.

Bisa dilihat bahwa banyak perusahaan-perusahaan start-up yang maju di bawah kepemimpinan generasi milenial. Meski begitu, perlu perjalanan panjang yang penuh lika-liku supaya bisnis yang dimulai milenial bisa sukses.




Berikut beberapa kunci sukses merintis bisnis untuk milenial ala pengusaha Maya Miranda Ambarsari, Presiden Direktur PT Batamec Shipyard dalam keterangan pers, diterima CNBC Indonesia.

Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan komunikasi bisa menjadi sangat penting untuk diterapkan sehingga para milenial dapat berkomunikasi dengan berbagai kalangan untuk mengembangkan usaha yang dijalankan.

"Bagaimana kita bisa menawarkan suatu produk atau service yang bagus jika kita tidak tahu bagaimana cara mengomunikasikannya. Dengan kemampuan komunikasi yang baik maka barang atau produk yang kita tawarkan tersebut akan menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi," papar Maya.



Networking

Di dalam menjalankan usaha, networking merupakan sesuatu yang harus dibangun dan dijaga sehingga dapat memberikan peluang kepada kita. Selain memiliki komunikasi yang baik, seorang pengusaha juga harus mampu membangun network yang luas sehingga dia bisa mendapatkan banyak peluang.

"Misalnya dengan ikut masuk ke dalam suatu komunitas seperti HIPMI atau SIMAC," terangnya.

Dalam membangun network tersebut, menurutnya milenial tidak harus merasa jauh lebih pandai dari yang lain. Malah sebaiknya dengan memiliki banyak jaringan maka semakin banyak pula pembelajaran, informasi, dan wejangan yang bisa didapatkan.

Teamwork

Dalam berbisnis, Maya mengatakan bahwa kita tidak dapat bekerja sendiri sehingga dibutuhkan kerja sama atau teamwork yang solid.

"Memiliki super team yang hebat akan membuat kita menjadi lebih kuat," papar dia.

Do the best

Berikanlah performa yang baik sehingga Anda dapat terlihat profesional di mata kolega. Selain itu yang terpenting adalah jangan pernah berhenti untuk belajar.

"Bisnis itu bukan coba-coba, bisnis itu membutuhkan fokus dan harus benar-benar lakukan yang terbaik. Baik itu nilainya seribu, sepulu juta atau seratus miliar, harus sama fokusnya. Itu yang dinamakan do the best. Fokuslah dan lakukan yang terbaik," ungkap dia.

Leave it to God

Artinya, setelah semua yang terbaik dilakukan maka serahkan semuanya pada Tuhan apapun usahanya. Maya sangat percaya bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil.

"Ketika kita sudah melakukan yang terbaik kemudian gagal, saya tidak pernah mengatakan ini kegagalan tapi justru menjadi pengalaman. Kegagalan itu yang membuat kita terus berproses. Dan Allah pasti akan memberikan yang terbaik pada kita, serahkan semua pada-Nya," ujar Maya.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading