Berharta Rp 215 T, Bos Home Credit Ini Jarang Terendus Media

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 July 2019 12:52
Berharta Rp 215 T, Bos Home Credit Ini Jarang Terendus Media
Jakarta, CNBC Indonesia- Nama Petr Kellner pastinya tak familiar dibanding nama miliuner seperti Bill Gates, Elon Musk, serta Jeff Bezos. Namun, Petr diam-diam sudah lama bercokol di deretan daftar orang terkaya dunia versi Forbes dengan harta diperkirakan mencapai US$ 15,4 miliar atau setara Rp 215 triliun.

Dikutip dari Forbes, saat ini Petr berada di urutan 73 orang terkaya dunia. Ia kaya raya terutama berkat bisnis dana investasi PPF yang dirintis pada 1991 dan menjadi pemegang saham terbanyak Home Credit, yang kini beroperasi di lebih dari 10 negara.





Petr Kellner merupakan  orang terkaya dari Republik Ceko.  Ia mulai berkarir sebagai distributor perlengkapan kantor dan kemudian membangun kerajaan bisnis. Tidak sekedar itu, namanya juga dikenal di industri asuransi Republik Ceko.  Kellner sangat menjaga privasinya dan dikenal dengan pribadi yang rendah hati.  

Setelah itu, ia membuat kampanye iklan besar-besaran, untuk menarik  investor untuk berinvestasi di perusahaannya.  Bisnisnya pun berkembang pesat dan  PPF mengakuisisi saham dari sekitar 200 perusahaan senilai 5 miliar Czech Ceko.

Petr mulai berfokus pada pembiayaan konsumen melalui Home Credit, sebuah perusahaan layanan cicilan yang didirikan oleh Petr.  Ia juga aktif di industri asuransi hingga kini PPF menjadi pemegang saham tunggal perusahaan asuransi Ceko.  

Pada 2007, PPF mengelola aset bernilai lebih dari 10 miliar Euro, dengan laba bersih 244 juta Euro. Pada 2009, Petr menggabungkan grup bisnisnya dengan perusahaan asuransi ternama Generali.

Petr juga berfokus pada sektor energi sebanyak 29%  kepemilikan industri tersebut.  Dia terlibat dalam produksi panas dan listrik, perdagangan listrik, distribusi panas, instalasi listrik, dan bidang terkait lainnya di Republik Ceko.  

Perusahaannya juga memproduksi bus.  Pembangkit listriknya memasok energi panas bumi ke Praha, dan ke beberapa kota kecil termasuk Plzen, Pardubice, Hradec Kralove, juga ke Chrudim dan Litvinov. 


Filantropi
Tak sekedar kaya raya dengan kegiatan bisnisnya, ternyata Kellner adalah seorang filantropi untuk pendidikan, olahraga, dan budaya.  Dia mendirikan Open Gate Grammar School untuk anak-anak yang kurang mampu, dan sekolah untuk anak-anak cacat.  

Dia juga mendukung sejumlah galeri dan teater melalui perusahaannya.  Dia menggabungkan Kellner Family Foundation dan Educa, dua yayasannya, untuk membuat satu yayasan besar, yang telah menjadi salah satu donor terbesar untuk pendidikan di Republik Ceko. 

Terlepas dari semua kesuksesan bisnis ini, Petr Kellner tetaplah rendah hati, dan tidak mau terlalu banyak disorot media. Dia tetap sangat berhati-hati tentang privasi dirinya dan keluarganya, dan terus bergerak dari satu tempat ke tempat lain.  

Dia adalah pemimpin yang penuh kesederhanaan, atasan yang keras kepala, penuh percaya diri dan kegigihan.  Dia mengalami situasi sulit dalam hidupnya dengan ketekunan, dan telah muncul menjadi salah satu pengusaha paling sukses di Republik Ceko.

Simak video deretan orang terkaya di planet bumi ini
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading