Modal Terbatas? Ini 5 Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan

Entrepreneur - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
07 July 2019 07:45
Modal Terbatas? Ini 5 Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan
Jakarta, CNBC Indonesia- Ingin menambah penghasilan namun tidak memiliki modal besar untuk membeli franchise atau membuka usaha restoran?

Menambah penghasilan tidak melulu membutuhkan modal yang besar. Ada berbagai usaha sampingan yang bisa anda lakukan untuk menambah pundi-pundi keuangan anda meski dengan modal terbatas. Kuncinya adalah kreativitas dan ketekunan.

Berikut beberapa jenis usaha sampingan dengan modal minim yang bisa anda lakukan:



1. Laundry kiloan

Di tengah kesibukan dan aktivitas yang padat, biasanya orang-orang mencari kepraktisan. Banyak yang tidak sempat mencuci baju ataupun menyetrika sendiri, untuk itulah jasa laundry sangat dibutuhkan.

Untuk membuka usaha ini juga tidak memerlukan banyak modal, dan bisa dimulai hanya dengan satu mesin cuci terlebih dahulu. Biaya yang dibutuhkan hanya sekitar Rp 7,5 juta untuk membeli mesin cuci dengan satu tabung otomatis dan mesin pengering.

Selain itu, jangan lupa menyiapkan peralatan pendukung seperti timbangan, plastik, sabun dan pewangi, dan setrika. Bisnis ini juga sangat bermanfaat di tengah-tengah area kos-kosan atau perkantoran.

2. Social media manager

Jenis usaha ini memang kurang familiar, tapi cukup dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial. Bisnis ini bisa dibilang tidak memerlukan modal awal, namun harus memiliki jaringan dan kreativitas.

Pekerjaan ini bermodal data analisis untuk membantu online shop kecil ataupun sosial media influencer untuk mengatur media sosialnya.

Tugas social media manager tidak hanya untuk membuat postingan, tetapi juga membuat caption yang bagus dan menarik sehingga banyak likes untuk postingan tersebut. Dengan begitu, pengikut dari akun yang diwakilkan juga meningkat.

Selain itu, anda juga perlu menganalisis waktu yang tepat untuk sebuah postingan, atau jenis postingan apa yang menarik perhatian dan menarik likes. Semua ini menggunakan keahlian Anda melakukan data analisis.

3. Bisnis dropship

Bisnis dropship atau menjadi dropshiper bisa dibilang tidak membutuhkan modal awal. Bahkan sebagai dropshiper tidak perlu memegang barang dan menanggung biaya pengiriman karena itu semua akan dilakukan oleh reseller yang barangnya didrop oleh Anda.

Reseller inilah yang akan menjual langsung barang kepada konsumen. Hanya saja Anda membutuhkan kejelian dan ketekunan untuk menemukan partner reseller yang jujur dan berkomitmen.

4. Menjual Sarapan
Salurkan hobi memasak anda dengan menjual menu sarapan. Usaha ini bisa dilakukan secara penuh waktu ataupun sekedar kerja sampingan sebelum ke kantor.

Menu sarapan biasanya yang paling dicari karena kebutuhan pekerja kantoran yang terburu-buru dan tidak siap menyiapkan sarapan sendiri di rumah.
Anda bisa mengkreasikan menu setia harinya, agar tidak bosan. 


5. Membuka usaha Katering rumahan

Berbeda dengan hanya menjual menu sarapan, katering rumahan umumnya membutuhkan jumlah yang lebih besar. Selain itu, usaha katering pun bisa dijadikan usaha sampingan ataupun usaha penuh waktu yang fleksibel karena kendali di tangan anda.

Jika usaha ini sebagai usaha sampingan, anda juga mengatur kapan waktu pemesanan dengan sistem pre-order. Dengan begitu pekerjaan rutin anda tidak terganggu.

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading