Ini Kunci Sukses Bisnis a La Crazy Rich Tanjung Priok

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 April 2019 19:52
Ini Kunci Sukses Bisnis a La Crazy Rich Tanjung Priok
Jakarta, CNBC Indonesia- Bisnis Ahmad Sahroni dibidang Bahan Bakar Minyak (BBM) mengantarkannya pada kesuksesan. Tak puas dengan itu, pria berdarah minang sekaligys Crazy Rich Tanjung Priok ini merambah bisnis lain.

Kendati demikian, dibalik kesuksesannya tersebut terdapat beberapa pelajaran penting dalam berbisnis yang bisa dicontoh. Berikut adalah kunci rahasia Ahmad Sahroni dalam menjalani bisnis di berbagai bidang.




Perbanyak relasi

Untuk melebarkan sayap di berbagai bisnis, Roni saapaan akrabnya mengatakan bahwa penting untuk memperbanyak relasi. Dia pun tak ragu belajar dari nol dan bergabung.

"Jadi saya punya teman yang bisnis nya di instrumen yang sama. Sehingga dia pun terbawa dan bergabung. Saya punya teman dan dia berada di bisnis itu, saya ikuti, saya pelajari jadilah ikut gabung. Seperti beli apartemen di salah satu tempat yang peluang nya menjadi luar biasa dan itu saya lakukan," kata dia.

Pilih barang untuk investasi
Roni juga memiliki hobi lain yakni di bidang otomotif. Namun sedari dulu, pria berusia 41 tahun ini lebih memilih mobil klasik dan supercar sebagai koleksinya.

Merasa memiliki untung tinggi, dia pun memutar hobinya menjadi lahan bisnis. Selain mobil, dia juga berbisnis jam tangan mahal dan terbatas.

"Mobil itu bukan hanya menjadi suatu kemewahan tetapi juga investasi yang diperjua belikan tanpa nilai pasar karena barangnya limited edition. Begitu juga halnya jam tangan itu juga cuan," kata dia.

Modal network
Tidak melulu uang, berbisnis juga membutuhkan modal lain seperti network (jaringan). Menurutnya ini adalah suatu hal paling membantu dikala kita ingin mengembangkan bisnis dan mencari peluang baru.

"Bisnis itu membutuhkan modal tidak hanya uang tapi juga network. Kecil-kecilan jualnya. Misal jual satu kita tambah satu lagi dan menghasilkan dua seperti itu misalnya," ucap dia.

[Gambas:Video CNBC] (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading