Internasional

Kekayaan Aktor Termahal George Clooney Justru Bukan dari Film

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 August 2018 18:20
Kekayaan Aktor Termahal George Clooney Justru Bukan dari Film
Jakarta, CNBC Indonesia - George Clooney adalah aktor dengan bayaran tertinggi di dunia, setelah mengumpulkan US$239 juta (Rp 3,5 triliun) antara 1 Juni 2017 dan 1 Juni 2018.

Menurut Forbes, penghasilan Clooney dua kali lipat lebih banyak dibandingkan Dwayne Johnson "The Rock" yang ada di posisi kedua.

Johnson menghasilkan US$124 juta (Rp 1,8 triliun) karena membintangi film-film, seperti Baywatch dan Jumanji, sedangkan Clooney tidak membintangi satu film pun dalam satu tahun terakhir ini, bahkan sejak 2016.


Peran terakhir aktor itu adalah sebagai Lee Gates dalam film thriller "Money Monster." Bisnis film tidak lagi menjadi sumber pengasilan utamanya. Justru keberhasilan Clooney mencapai daftar teratas itu berkat penjualan bisnis tequila-nya.

Pada bulan Juni 2017, perusahaan tequila Clooney, Casamigos, mengumumkan bahwa Diageo telah setuju untuk membayar US$1 miliar untuk merek tersebut.

"Jika Anda bertanya kepada kami empat tahun lalu apakah kami memiliki perusahaan senilai miliar dolar, saya tidak berpikir kami akan mengatakan ya. Ini mencerminkan keyakinan Diageo pada perusahaan kami dan keyakinan kami terhadap Diageo. Tapi kami tidak akan ke mana-mana. Kami masih akan menjadi bagian dari Casamigos," kata Clooney kepada CNBC Interntional melalui email, dikutip hari Sabtu (25/8/2018).

Aktor dan mitra bisnis Clooney, Rande Gerber, mengatakan membangun Casamigos adalah sebuah kecelakaan. Keduanya membangun rumah-rumah liburan berdampingan di Cabo San Lucas ketika mereka memutuskan ingin membuat tequila mereka sendiri.

"Seperti yang Anda lakukan ketika Anda berada di Meksiko, Anda minum banyak tequila. Setelah beberapa bulan mencoba banyak tequila yang berbeda, George berpaling kepada saya dan berkata, 'Mengapa don "Kita tidak membuat sendiri? Yang sempurna untuk kita minum?," kata Gerber mengatakan kepada CNBC Make It pada 2016.

Clooney dan Gerber menemukan penyuling di Jalisco, Meksiko, yang menyesuaikan tequila dengan selera mereka, dan teman-teman menikmatinya selama bertahun-tahun.

"Itu hanya untuk kami. Kami tidak benar-benar ingin berbisnis. Kami pikir, George adalah seorang aktor dan sutradara. Saya memiliki restoran dan bar dan tidak ingin masuk ke bisnis lain," kata Gerber.

Dia menuturkan bahwa hal tersebut berubah ketika sang penyuling meneleponnya dan meminta agar tequila tersebut harus memiliki lisensi yang benar. Sebab pihak penyuling tidak mungkin selalu membuat sampel dalam jumlah banyak dan telah berjalan selama 2 tahun.

Untuk terus minum tequila yang telah mereka cintai, Clooney dan Gerber mengubah ramuan pribadi mereka menjadi bisnis bersama taipan real estat Michael Meldman.

Forbes melaporkan bahwa trio pengusaha ini telah menginvestasikan US$600.000 (Rp 8,7 miliar) masing-masing dalam bentuk saham di perusahaan. Dengan demikian, Clooney mendapatkan US$ 233 juta ketika merek itu dibeli.

Itu berarti kekayaan Clooney yang berasal dari akting berjumlah tidak lebih dari US$6 juta (Rp 87 triliun) di 2018.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading