FOTO

Arkeolog Temukan Mumi Tertua di Dunia, Usianya 4.300 Tahun

Tech - Getty Images, CNBC Indonesia
29 January 2023 20:15
Arkeolog Mesir menemukan mumi paling tua dan paling lengkap sedunia di dekat Piramida Bertingkat di Saqqara. Mumi itu diperkirakan berusia 4.300 tahun.

Arkeolog Mesir menemukan mumi paling tua dan paling lengkap sedunia di dekat Piramida Bertingkat di Saqqara. Mumi itu berusia 4.300 tahun. (Photo by Fadel Dawod/Getty Images)

Melansir dari Aljazeera, jasad manusia yang diawetkan ini ditemukan oleh arkeolog Mesir di sebuah pemakaman yang baru ditemukan di dekat Ibu Kota Kairo, tepatnya di wilayah pemakaman yang berasal dari dinasti kelima dan keenam Mesir Kuno. (Photo by Omar Zoheiry/picture alliance via Getty Images)

Mumi itu berada di dasar lubang sedalam 15 meter (Photo by Fadel Dawod/Getty Images)

Berdasarkan hasil penelitian tim arkeolog Mesir, mumi itu adalah seorang pria bernama Hekashepes. Ia meninggal dalam keadaan 'ditutup lapisan emas' dan berada di sarkofagus batu kapur yang telah disegel dalam mortar. (Photo by Fadel Dawod/Getty Images)

"Saya memasukkan kepala saya ke dalam untuk melihat apa yang ada di dalam sarkofagus: mumi cantik dari seorang pria yang seluruhnya tertutup lapisan emas," kata Direktur tim Zahi Hawass, dikutip dari Aljazeera Sabtu (28/1/2023). "Mumi ini mungkin merupakan mumi tertua dan terlengkap yang ditemukan di Mesir hingga saat ini," lanjutnya. (Photo by Fadel Dawod/Getty Images)

Selain itu, ditemukan juga makam lain milik Khnumdjedef, seorang inspektur pejabat, supervisor bangsawan dan seorang pendeta pada masa pemerintahan Unas, firaun terakhir dari dinasti kelima. Makam itu dihiasi dengan gambar berupa adegan kehidupan sehari-hari. (Photo by Fadel Dawod/Getty Images)

Hawass menambahkan, terdapat makam lain yang juga ditemukan adalah makam penjaga rahasia dan asisten pemimpin besar istana pada zaman itu. Makam ketiga yang ditemukan yakni milik seorang pendeta di kompleks piramida Firaun Pepi I, dan yang keempat milik seorang hakim dan penulis bernama Fetek.(Photo by Fadel Dawod/Getty Images)

Menurut Kepala Dewan Benda Antik Mesir Mostafa Waziri, makam Fetek termasuk koleksi patung terbesar yang pernah ditemukan di daerah itu. Selain makam para pejabat, ditemukan juga banyak patung, salah satunya patung seorang pria dan istrinya serta beberapa pelayan. (Photo by Fadel Dawod/Getty Images)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading