Viral Penipuan Kurir Kirim Gambar Paket, Ingat 5 Langkah Ini!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 December 2022 10:45
Ilustrasi Keamanan Siber Foto: CNBC

Jakarta,CNBC Indonesia - Modus baru penipuan kirim gambar paket lewat WhatsApp sedang ramai diperbincangkan. Supaya aman dari upaya phising, pengguna internet lewat HP atau laptop harus menerapkan beberapa langkah keamanan.

Belum lama ini, ramai diperbincangkan soal penipuan gaya baru. Penipu yang mengaku kurir mengirim file APK ke sasarannya lewat WhatsApp yang disamarkan sebagai file gambar paket.

File APK yang dikirim ternyata bisa digunakan untuk mencuri OTP (one time password) mobile banking.

Modus baru tersebut sebetulnya hanya sebagian dari gaya penipuan yang menyusupkan file berbahaya ke perangkat milik pengguna, baik HP maupun laptop.

Kaspersky menemukan 400 ribu file berbahaya setiap harinya hanya dalam 10 bulan tahun 2022. Jumlah file tersebut naik dari tahun sebelumnya dengan 380 ribu file atau meningkat 5%.

Secara total file berbahaya yang dideteksi sistem Kaspersky mencapai 122 juta tahun ini. Jumlahnya mengalami kenaikan 6 juta file dari tahun lalu.

Untuk ransomware, jumlah kejahatan melonjak 181% dari tahun lalu atau mencapai 9.500 file enskripsi per hari. Kaspersky juga menemukan ada pertumbuhan 142% pada downloaders, yakni program berbahaya yang menginstal versi baru malware atau aplikasi tidak diinginkan pada perangkat terinfeksi, dikutip dari keterangan resmi Kaspersky, Selasa (6/12/2022).

Selain itu, Kaspersky juga menemukan hampir 320 ribu file berbahaya pada perangkat Windows. Di antara itu, 85% nya menargetkan untuk Windows.

Microsoft Office juga menjadi target kejahatan, dengan mencapai pertumbuhan 236%. Selain itu, ada peningkatan 10% file berbahaya yang menargetkan Android.

"Yang lebih berbahaya adalah, dengan pengembangan Malware-as-a-Service, setiap penjahat dunia maya pemula sekarang dapat menyerang perangkat tanpa pengetahuan teknis dalam pemrograman," kata kepala penelitian anti-malware Kaspersky, Vladimir Kuskov.

Cara menghindar dari kejahatan siber

Kaspersky juga memberikan rekomendasi untuk pengguna tetap terlindungi, berikut tipsnya:

  1. Jangan mengunduh dan menginstal aplikasi dari sumber tidak tepercaya
  2. Jangan menekan link apapun dari sumber tidak dikenal atau iklan daring mencurigakan
  3. Membuat password yang kuat dan unit. Termasuk membuatnya dengan campuran huruf kecil dan besar, angka, dan tanda baca. Selain itu jangan lupa aktifkan autentikasi dua faktor.
  4. Selalu pasang update, karena beberapa kemungkinan berisi perbaikan masalah keamanan penting
  5. Abaikan pesan yang meminta menonaktifkan sistem keamanan untuk software kantor atau solusi keamanan siber


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

RI Dikritik Karena Aksi Hacker Bjorka, Soal Apa?


(npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading