Spotify Wrapped 2022 Viral, Netizen Protes #SpotifyCorrupt

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
02 December 2022 09:40
FILE PHOTO: The Spotify logo is displayed on a screen on the floor of the New York Stock Exchange (NYSE) in New York, U.S., May 3, 2018. REUTERS/Brendan McDermid/File Photo Foto: Spotify (REUTERS/Brendan McDermid)

Jakarta, CNBC Indonesia - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Spotify kembali merilis Wrapped yang merupakan fitur ringkasan pengguna selama setahun terakhir. Spotify Wrapped ramai diperbincangkan di media sosial, meskipun sebagai memprotes dengan tagar #SpotifyCorrupt

Namun tahun ini agak berbeda, banyak fitur baru yang layanan streaming itu tambahkan. Fitur baru itu seperti tipe kepribadian berdasarkan yang didengarkan, mood, dan pesan dari artis yang sering kita dengarkan lagunya. Selain itu juga ada total waktu, rangkuman artis, genre, lagu serta podcast yang paling sering didengarkan.

Dikutip dari Cnet, Jumat (2/12/2022), rekap Wrapped tahun ini meliputi:

1. Your Listening Personality

Akan ada 16 kepribadian musik, dari Deep Diver, Replayer, Adventurer, Fanclubber. Spotify akan mendeskripsikan penggunanya dengan gambaran pendekatan saat mendengarkan konten.

2. Audio Day

Pandangan soal kebiasaan pengguna sepanjang hari. Ini ditentukan dari pagi, siang hingga malam.

3. Your Artist Messages

Terdapat video dari sejumlah artis di dalam rekap. Tahun lalu Spotify menghadirkan lebih dari 100 artis di dalam video terima kasih untuk fans. Tahun ini lebih dari 40 ribu yang terlibat.

Namun, pagi ini banyak warganet yang protes karena Spotify Wrapped 2022 dinilai tidak adil dalam merekam statistik. Tagar #SpotifyCorrupt trending di Twitter karena banyak fans BTS, BTS Army, ramai-ramai menyuarakan keanehan statistik Spotify Wrapped 2022.

Mereka menilai Spotify melakukan sabotase atas statistik BTS dengan tidak menghitung lagu kolaborasi sebagai lagu BTS dalam menyusun peringkat.

BTS Army, antara lain, mengklaim bahwa lagu berjudul Left and Right yang dinyanyikan oleh Charlie Puth bersama Jung Kook dari BTS, serta My Universe bersama BTS, tidak dihitung dalam ranking sebagai lagi Jung Kook dan BTS.

Cara Menggunakan Spotify Wrapped

Wrapped sudah bisa dilihat di aplikasi Spotify, baik untuk perangkat Android dan iPhone serta iPad. Sebagai catatan, kamu perlu mengunduh aplikasi terbaru versi 8.7.78 untuk bisa menggunakannya.

Kamu bisa melihat Spotify Wrapped di Home, Search, dan tab Library. Selain itu juga ada Your 2022 in Review yang diletakkan di Home. Kamu bisa mencari dengan kata kunci '2022 Wrapped' di aplikasi.

Namun mungkin ada beberapa pengguna yang belum menemukan fitur ini. Cnet mencatat kemungkinan mereka tidak cukup menghasilkan data untuk dibuat Wrapped.

Untuk memenuhi syarat dibuatkan Wrapped, pengguna harus mendengarkan setidaknya 30 lagu dalam lebih dari 30 detik. Selain juga mendengarkan setidaknya lima artis antara 1 Januari hingga awal November.

Cara melihat Spotify Wrapped 2022 lewat Aplikasi

Jika di HP Anda sudah tersedia aplikasi Spotify, berikut cara melihat Spotify Wrapped 2022:

  • Akses tautan https://www.spotify.com/us/wrapped/
  • Aplikasi Spotify Anda akan terbuka
  • Tunggu hingga statistik Anda muncul
  • Cara membagikan Spotify Wrapped 2022 ke Media Sosial
  • Buka aplikasi Spotify
  • Klik ikon 2022 atau Flamingo
  • Spotify Wrapped Anda akan muncul
  • Pilih Listen to 2022 Highlights
  • Anda bisa memilih versi List Spotify Wrapped 2022
  • Klik ikon bagikan ke media sosial dan pilih media sosial yang anda inginkan

Ini menjadi salah satu fitur yang agaknya ditunggu setiap akhir tahun. Terbukti banyak netizen pengguna Spotify yang senang melihat Wrapped akhirnya muncul. Mereka banyak membagikan momen seru saat melihat daftar lagu, penyanyi, genre yang muncul di Wrapped tahun ini.

"Wah Wrapped udah muncul yaa," ujar seorang netizen.

"Tahun ini tahun paling banyak aku discover band Indonesia," kata yang lain.

"Suka deh sama Spotify Wrapped ku tahun ini. Aku butuh Harrydan Adele untu masukan Indonesia ke dalam daftar worldtour," tulis lainnya.

"Kayaknya aku punya genre yang sama (seperti tahun lalu). Tapi Indonesia Indie adalah yang baru, sejak aku memutarnya lebih banyak di kantor. Kau bagkan tidak punya daftar putar sendiri untuk itu," ungkap netizen.


[Gambas:Video CNBC]

(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading