Cek Keunggulan 4 Paylater di Tokopedia, Mana yang Menarik?

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
25 November 2022 18:00
Paylater Tokopedia Foto: dok Paylater Tokopedia

Jakarta, CNBC Indonesia- Tidak bisa dipungkiri kalau paylater sudah menjadi primadona banyak orang sebagai metode pembayaran yang mudah. Saking populernya layanan paylater, e-commerce besar seperti Tokopedia juga menerima pembayaran Tokopedia paylater.

Untuk semakin menambah pilihan konsumen, Tokopedia menghadirkan empat mitra paylater yang bisa dipilih sesuai kondisi dan kebutuhan. Sebab, masing-masing paylater ini memiliki syarat dan ketentuan, serta benefit yang berbeda-beda.

Adapun berikut layanan paylater yang bisa digunakan sebagai metode pembayaran di Tokopedia.

1. Kredivo

Secara umum, Kredivo memiliki tiga keunggulan bagi para pengguna Tokopedia, yakni limit cukup besar hingga maksimal Rp 30 juta dan program cicilan 0% dengan syarat ringan. Ketika menggunakan pembayaran Tokopedia paylater dengan Kredivo, Anda dapat memilih tiga opsi, antara lain bayar nanti dalam 30 hari tanpa bunga dan tanpa minimal transaksi, cicilan 0% dengan tenor maksimal 3 bulan dengan minimal transaksi 500 ribu, atau cicilan 6-12 bulan dengan suku bunga hanya 2.6% per bulan.

Selain itu, pada Harbolnas 12.12 nanti, Kredivo juga menghadirkan promo Kesamber yang bisa digunakan di Tokopedia, yaitu cicilan 0% untuk tenor 6 bulan serta gratis 1 bulan cicilan untuk tenor 12 bulan.

Apabila Anda berminat untuk daftar Kredivo, berikut ini adalah tiga syarat utama yang harus dipenuhi.

-Berstatus sebagai WNI dengan usia minimal 18 tahun

-Memiliki penghasilan tetap minimal sebesar Rp 3 juta per bulan

-Berdomisil di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin, dan Pontianak

Pendaftaran akun Kredivo dapat dilakukan melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store.

2. GoPayLater

GoPayLater adalah metode pembayaran paylater dari Gojek yang bisa dinikmati di Tokopedia. Dikarenakan Gojek dan Tokopedia bergabung menjadi GoTo, sudah dipastikan persyaratan untuk mendapatkan fitur GoPayLater bisa lebih mudah.

Jadi, jika Anda pengguna Gojek dan keanggotan sudah terverifikasi, otomatis mendapatkan fitur GoPayLater yang didukung oleh fintech Findaya.

Untuk metode pembayaran GoPayLater dikenakan biaya Rp 25 ribu yang ditagihkan di akhir bulan berapa pun jumlah penggunaan GoPayLater Anda.

Di samping itu, ada juga GoPayLater cicil dengan bunga 2,75% per bulan. Tenornya bisa dipilih mulai dari 2 bulan,3 bulan,6 bulan, hingga 12 bulan. Tapi, Anda perlu mengajukannya terlebih dahulu karena tidak setiap pengguna GoPayLater bisa mendapatkan fitur GoPayLater cicil.

3. Indodana

Indodana juga termasuk paylater yang sudah terdaftar di OJK dan bisa digunakan di Tokopedia. Hampir seperti Kredivo, Indodana menyediakan limit kredit berkisar mulai dari Rp 500 ribu sampai dengan Rp 25 juta.

Jika digunakan untuk cicilan, rinciannya adalah cicilan 3 bulan berlaku untuk minimal transaksi Rp 300 ribu, cicilan 6 bulan berlaku untuk minimal transaksi Rp 500 ribu, dan cicilan 12 bulan berlaku untuk minimal transaksi Rp 1.5 juta.

Sementara untuk suku bunga, Indodana mematok bunga sebesar 3% flat setiap bulan untuk tenor 3 hingga 12 bulan. Ada juga biaya layanan sebesar 1% dari jumlah transaksi serta biaya tambahan sebesar 2% dari nilai transaksi.

Sebelum menggunakan Indodana sebagai metode pembayaran di Tokopedia, Anda harus melakukan registrasi akun Indodana di situs atau aplikasi Indodana dan memenuhi persyaratan sebagai berikut.

-Berstatus sebagai WNI dengan usia 21-50 tahun

-Memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan dan sudah bekerja minimal 3 bulan

-Berdomisili di Jabodetabek dan sebagian kota di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi

-Memiliki KTP dan rekening atas nama pribadi yang sudah berjalan di atas 3 bulan

4. Home Credit

Paylater lain yang ada di Tokopedia adalah Home Credit. Layanan ini bisa digunakan untuk minimal transaksi sebesar Rp500 ribu dan maksimum sebesar Rp 10 juta.

Adapun transaksi dengan Home Credit hanya berlaku untuk barang fisik dan tidak berlaku selain itu atau pre-order.

Sama seperti Kredivo, Home Credit memiliki tiga syarat utama yang harus dipenuhi bagi pengguna Tokopedia. Antara lain sebagai berikut.

-Berstatus sebagai WNI dengan usia minimal 19 tahun

-Memiliki KTP yang masih berlaku dan penghasilan tetap minimal sebesar Rp 1,5 juta per bulan

-Berdomisili di wilayah area layanan Home Credit Indonesia

Sebelum menggunakan Home Credit di Tokopedia, Anda harus daftar akun Home Credit lebih dulu melalui situs atau aplikasi resmi Home Credit.

Nah, seperti itulah empat pilihan fintech untuk pembayaran Tokopedia paylater. Kira-kira mana nih yang paling menarik dan pas untuk Anda?


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Fitur Baru di Tokopedia, Beli Barang Bayarnya Bisa Dicicil


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading