TV Analog di 3 Kota Ini Mau Dimatikan, Buruan Pindah Digital

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
24 November 2022 09:10
Siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO) dihentikan dan migrasi ke siaran digital pada 2 November 2022 di wilayah Jabodetabek. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki) Foto: (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa kota di Indonesia diumumkan akan beralih dari siaran TV analog ke digital. Ini menyusul wilayah lain, termasuk DKI Jakarta yang sudah melaksanakan program Analog Switch Off (ASO) lebih dulu sebelumnya.

Dalam pemaparan Menteri Kominfo Johnny Plate dalam Rapat Kerja Komisi I dengan Menkominfo, beberapa kota yang akan bermigrasi ke TV digital adalah Bandung, Semarang dan Yogyakarta.

Johnny mengatakan pelaksanaan ASO berikutnya akan dilaksanakan pada 93 wilayah atau 284 kabupaten/kota. Semuanya dilakukan sesuai kesiapan setiap lembaga penyiaran.

"Pelaksanaan ASO berikut pada 93 wilayah 284 kabupaten/kota dilakukan oleh-oleh masing lembaga penyiaran sesuai dengan kesiapan teknis dan untuk menjaga kepemirsaan masing-masing lembaga penyiaran," kata Johnny, pada Rabu (23/11/2022).

Kominfo, menurut Johnny, akan memantau kepatuhan lembaga penyiaran sesuai dengan kewenangannya. Saat ASO telah ditetapkan maka saat bersamaan lembaga penyiaran mematikan siaran analog dan menyisakan siaran digital.

"Kementerian Kominfo kami akan melakukan pemantauan terhadap kepatuhan masing-masing lembaga penyiaran sesuai dengan kewenangannya. secara teknis ASO dilakukan lembaga penyiaran di kantor masing-masing. pada saat menetapkan ASO maka lembaga penyiaran di saat bersamaan mematikan siaran analog dan tersisa siaran full digital," kata dia.

Saat itu, Johnny tak menyebutkan waktu pasti ASO dilakukan pada kota-kota tersebut. Termasuk saat kapan terakhir analog dimatikan, dia hanya menjawab bergantung kesiapan penyelenggara multipleks untuk membagikan set top box (STB) pada masyarakat miskin.

"Dari kesiapan infrastruktur MUX bisa dilakukan kapan saja, sudah siap semuanya. Dari kesiapan lembaga penyiaran seharusnya bisa dilakukan. Dari pembagian set top box bergantung pada kesiapan penyelenggara multipleks memberikan komitmen mendistribusikan dan instalasi," kata Johnny.

Berikut daftar beberapa kota yang akan segera mematikan tv analog:

  • Jawa Barat-1: Kota Bandung dan sekitarnya
  • Jawa Tengah-1: Kota Semarang dan sekitarnya
  • DI Yogyakarta: Kota Yogyakarta, Kota Surakarta dan sekitarnya
  • Jawa Timur-1: Kota Surabaya dan sekitarnya
  • Kepulauan Riau-1: Kota Batam dan sekitarnya

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cek Segera! TV Analog Dimatikan di Wilayah Ini 25 Agustus


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading